Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Paralimpiade Tokyo 2020

Defile Indonesia Usung Tema Keindahan Dan Keragaman Budaya

Selasa, 24 Agustus 2021 19:45 WIB
Defile kontingen Indonesia di pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto : NPC)
Defile kontingen Indonesia di pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto : NPC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontingen Indonesia mengenakan baju tradisional saat defile dalam upacara pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium, Selasa (24/8). Kostum tersebut dimodifikasi dari sejumlah baju tradisional dari budaya Sumatera, Bali, Kalimantan dan Papua.

Seragam defile tersebut mewakili keindahan dan keragaman budaya Indonesia. Baju defile menakjubkan kontingen Paralimpiade itu merupakan hasil desain perancang busana asal Solo, Rory Wardana Poesponingrat.

Baca juga : Lawan Unggulan Pertama, Komet Dan Adyos Pantang Jiper

Pakaian adat modifikasi ini dikenakan oleh dua atlet yang membawa bendera dengan menggunakan kursi roda yakni Hanik Puji Astuti (atlet para-menembak) dan Jaenal Aripin (atlet para-atletik) serta dua pendamping yang mendorong kursi roda kedua pembawa bendera yakni Ajeng Widha Paramitha dan Purwo Adi Sanyoto.

Di belakang rombongan pembawa bendera Merah-Putih terdapat kontingen yang masuk dalam barisan defile yakni Deputi Chef de Mission, Naek Parulian Washington, Wasekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto, Andar Perdana Widiastono (CLO). 

Baca juga : Yayasan Indonesia Mengaji Beri Bantuan 4.400 Quran Dan Sembako Buat Ustad/Ustazah

Ada atlet para atletik Saptoyogo Purnomo, Setiyo Budi Hartanto, Karisma Evi Tiarani, Famini, Putri Aulia, Elvin Elhudia Sesa, Bolo Triyanto (para menembak), Muhamad Nurachman (pelatih para bulu tangkis), Slamet Djauhari (ofisial para renang) dan Irfan Dwi Nurfianto (ofisial para bulu tangkis).

"Kontingen defile mengenakan jaket yang juga hasil rancangan Rory Wardana Poesponingrat. Desain oleh Rory Wardana menggunakan mix and match yang sangat detail pada atribut dan aksesoris sebagai identitas bangsa," bunyi pernyataan dari laman resmi NPC Indonesia.

Baca juga : Paralimpiade Tokyo 2020, Menpora Harap Kontingen Indonesia Torehkan Prestasi

Indonesia meloloskan 23 atlet yang terdiri dari tujuh cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Paralimpiade, yakni atletik, badminton, tenis meja, renang, menembak, balap sepeda, dan powerlifting. NPC Indonesia menargetkan satu medali emas dan Indonesia finis di peringkat 60 besar pada akhir kompetisi. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.