Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

“Torang Bisa” Lagu PON Papua Resmi Diluncurkan

Minggu, 12 September 2021 06:31 WIB
Menpora Zainudin Amali menghadiri launching lagu resmi PON Papua. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali menghadiri launching lagu resmi PON Papua. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lagu Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 secara resmi diluncurkan. Lagu berjudul “Torang Bisa” ini memiliki makna mendalam sekaligus sebagai penyemarak dalam pelaksanaan pesta olahraga nasional yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober mendatang.

Ketua Bidang II PB PON XX Papua, Roy Letrora mengatakan, lagu tersebut mengenai Papua sebagai tuan rumah. Secara umum, lagu “Torang Bisa” ini menggambarkan bagaimana antusiasnya masyarakat Papua dalam menyambut seluruh kontingen yang nantinya akan datang.

Baca juga : Airlangga Minta Pemerintah Papua Percepat Realisasi Anggaran Covid-19

“Torang Bisa ini menyangkut Papua yang menjadi ruan rumah. Antusiasme masyarakat menyambut kontingen dari seluruh provinsi lain. Torang Bisa ini juga mengimplementasikan bagaimana Papua siap melakanakan PON,” kata Roy dalam peluncuran lagu PON Papua di Metro TV, Jakarta, Sabtu (11/9).

Roy menceritakan proses penciptaan lagu yang dinyanyikan Vien Mangku dan Qibah Mansawan ini. Dia bilang, lagu ini melalui tahapan yang panjang, mulai dari sayembara dan diikuti banyak kontestan. Hingga akhirnya ada 15 kontestan yang masuk dalam tahap penilaian.

Baca juga : Mahfud: PON XX Papua Aman

“Ada sayembara hingga akhirnya ditetapkan pemenang setelah dilakukan penjurian. Kemudian setelahnya ada beberapa lirik dirubah tapi prinsipnya fair. Prosesnya lumayan panjang,” ujar Roy.

Roy juga menerangkan, lagu “Torang Bisa” menekankan aspek kebersamaan ditengah keberagaman. Papua, dijelaskannya mampu merangkul seluruh kontingen yang datang dari seluruh provinsi.

Baca juga : Jelang PON Papua, Polri Deteksi Dini Gangguan Keamanan

“Ini lagu menekankan aspek kebersamaan dan Papua bisa merangkul seluruh saudara kita dari luar, karena kita membawa citra bangsa dalam olahraga,” ujar Roy. Sementara itu, pencipta lagu “Torang Bisa”, Etho Ririmasse juga menyampaikan hal yang sama. Dia memaparkan, lagu tersebut berbicara tentang kesiapan Papua dalam pelaksanaan PON XX.

“Itu betul-betul kita dari Papua siap menjadi tuan rumah yang baik, menjadi partner kerja, mendukung dan menjaga sportivitas,” pungkas Etho. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.