Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang PON Papua, Polri Deteksi Dini Gangguan Keamanan

Rabu, 18 Agustus 2021 21:13 WIB
Kapolres Timika, AKBP Era Adhinata. (Foto : Antara)
Kapolres Timika, AKBP Era Adhinata. (Foto : Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keamanan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, 2-15 Oktober 2021 menjadi perhatian aparat kepolisian. Tak ingin ada gangguan, Polres Timika gencar melakukan deteksi dini berbagai potensi ancaman yang akan mengganggu PON.

Polri akan menggandeng aparat TNI serta semua pihak terutama para tokoh masyarakat, tokoh agama untuk bersama-sama menjaga suasana tetap kondusif menjelang dan selama kegiatan PON XX Papua berlangsung.

"Memperkuat deteksi dini tentu harus dilakukan agar PON XX Papua bisa berjalan sukses dan lancar. Semua unsur intelijen dan juga dukungan dari para tokoh sangat diperlukan untuk menjaga kondusivitas keamanan pada saat pelaksanaan PON XX," kata Kata Kapolres Timika, AKBP Era Adhinata kepada Antara, Rabu (18/8).

Baca juga : Berkaki Palsu, Wanita Sanggup Lari 160 Km

Terkait jumlah personel, Kapolres Mimika menyebut berapa banyak personel pengamanan yang akan dilibatkan selama penyelenggaraan PON XX berlangsung di Mimika akan terus dievaluasi dengan memperhitungkan kebutuhan yang ada.

"Kami masih terus melakukan evaluasi berapa banyak personel yang akan digerakkan, tentu setelah kami menghitung kebutuhannya," ujar AKBP Era Adhinata.

Menurut dia, saat ini situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Mimika masih kondusif, termasuk saat peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2021.

Baca juga : Sekjen MPR: Sidang Tahunan Rawat Demokrasi Dan Kedaulatan Rakyat

"Kami mengapresiasi semangat yang luar biasa dari warga Mimika meskipun di tengah situasi pandemi COVID-19, tapi masyarakat sangat antusias mengadakan kegiatan-kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Demi menjaga situasi kamtibmas yang harmonis dan kondusif menjelang PON XX Papua, Polres Mimika akan mempertimbangkan secara matang pemberian izin bagi kelompok manapun untuk menggelar kegiatan, apalagi di tengah situasi pandemi COVID-19, dimana saat ini Mimika menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level III.

"Selama kegiatan-kegiatan itu tidak memiliki dampak yang cukup rawan bagi situasi keamanan secara keseluruhan tentu kami akan jemput bola, tapi kalau berujung anarkis disertai berbagai kepentingan politik di balik itu, maka tentu akan kami halangi," ujar AKBP Era Adhinata.

Baca juga : Airlangga : Posko Jaga Desa Terbukti Tingkatkan Kepatuhan Masyarakat

Sebelumnya, pada 16 Agustus lalu Polres Mimika didukung jajaran TNI setempat berhasil mencegah aksi unjuk rasa sekelompok warga di Kantor DPRD Mimika untuk menuntut pembebasan aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Viktor Yeimo yang kini ditahan di Polda Papua untuk menjalani proses hukum. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.