Dark/Light Mode

Kasih Bonus, Jokowi Ingatkan Atlet Bersiap Hadapi Paralimpiade Paris 2024

Jumat, 17 September 2021 13:10 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan bonus atlet Paralimpiade Tokyo. (Foto : Kemenpora)
Presiden Jokowi saat memberikan bonus atlet Paralimpiade Tokyo. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengingatkan para atlet tidak lalai mempersiapkan diri menuju ajang Paralimpiade Paris 2024. Jokowi ingin prestasi olahraga Indonesia terus lebih baik.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan bonus kepada atlet kontingen Indonesia atas prestasi yang telah diraihnya di ajang multi event olahraga Paralimpiade Tokyo 2020.

"Jangan lalai untuk mempersiapkan diri. Ingat, Paralimpiade di Prancis tinggal tiga tahun lagi karena tahun 2024 dan kita harapkan Paralimpiade 2024 ini kita bisa meraih medali dan prestasi yang lebih tinggi lagi," kata Presiden.

Baca juga : Mantap, Jokowi Sawer Rp 5,5 Miliar Peraih Emas Paralimpiade Tokyo

Bonus ini diberikan langsung Jokowi kepada para atlet di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/9) pagi. Rombongan kontingen tim nasional dipimpin langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, bersama 23 atlet Paralimpiade 2020, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun, Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Andi Herman serta para pelatih dan ofisial.

Apresiasi peraih medali emas mendapatkan bonus sebesar Rp5,5 miliar, medali perak mendapatkan Rp2,5 miliar, dan medali perunggu Rp1,5 miliar. Bonus ini nilainya sama dengan yang dapatkan atlet olimpiade, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan kawan-kawan beberapa waktu lalu.

“Bonus juga diberikan kepada para atlet nonperaih medali serta pelatihnya. Tetapi jumlahnya tidak saya sebutkan di sini, nanti yang membisiki biar Pak Menpora,” ujar Jokowi.

Baca juga : Tinjau Vaksinasi Di Wajo, Jokowi Ingatkan Tetap Jaga Prokes

Presiden berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para atlet dan masyarakat untuk terus berprestasi. “Semoga prestasi ini dapat menjadi inspirasi kita semuanya, dapat menjadi motivasi kita semuanya, bagi para atlet maupun masyarakat Indonesia agar terus bekerja keras meraih prestasi memberikan yang terbaik untuk bangsa untuk negara,” harapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini Menpora Amali menyampaikan bahwah pembinaan dan persiapan Indonesia untuk mengikuti multi event olahraga kedepan akan difokuskan pada cabang-cabang olahraga yang berpotensi menghasilkan medali sebagaimana tertuang dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Berkenaan dengan hal tersebut, seluruh Insan olahraga di tanah air menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak presiden yang telah menerbitkan Peraturan Presiden nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional,” pungkasnya.

Baca juga : Ini Kunci Sukses Atlet Indonesia Di Paralimpiade Tokyo

Selain itu, dalam DBON tersebut, pemerintah telah memberi tempat yang setara antara pembinaan atlet olimpiade atau non difabel dengan atlet-atlet paralimpiade atau atlet difabel. Keduanya mendapatkan fasilitas yang sama. “Kalau sebelumnya para atlet difabel ini sangat merasa terpinggirkan. Sekarang ini, rasa percaya diri mereka muncul karena mereka setara dengan atlet-atlet non difabel,” pungkasnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.