Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora Minta Pemda Siapkan Rencana Pengelolaan Fasilitas Olahraga Pasca PON

Senin, 4 Oktober 2021 19:21 WIB
Menpora Zainudin Amali saat mengalungkan medali atlet di ajang PON Papua. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali saat mengalungkan medali atlet di ajang PON Papua. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk menyiapkan rencana pengelolaan arena olahraga dan seluruh fasilitas pasca pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

Pernyataan ini disampaikan Menpora Amali saat meninjau Mimika Sport Center yang menjadi arena sejumlah cabang olahraga, seperti atletik dan basket, di Mimika, Senin (4/10).

Baca juga : Kemenkes Maksimal Siapkan Layanan Kesehatan PON XX Papua

"Dari awal saya sudah ingatkan, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota supaya menyiapkan rencana untuk pengelolaan venue dan seluruh fasilitas (PON)," kata Menpora.

Menurut Menpora Amali, seluruh fasilitas olahraga tersebut termasuk penginapan, nantinya bisa diberikan kepada perguruan tinggi, gereja, dan sebagainya untuk dimanfaatkan sebagai asrama.

Baca juga : Mengurai Mitos dan Fakta Pengobatan Kanker Payudara

Dia juga menegaskan, Pemerintah pusat membantu membangun fasilitas, sementara pemeliharaannya diserahkan kepada pemda sebagaimana prinsip otonomi daerah. "Apa yang bisa kami lakukan adalah mendorong event-event tingkat nasional, seperti kejurnas cabang olahraga apa, saya minta dilaksanakan di Papua," ujarnya.

Namun, Menpora Amali menegaskan bahwa dukungan dan peran serta pemerintah daerah sangat diperlukan untuk pengelolaan aset-aset tersebut. "Kalau pemda tidak keras, tidak kreatif menyiapkan kegiatan pasca-PON, nasibnya akan sama dengan tempat-tempat lain," tegasnya.

Baca juga : Pemerintah Berupaya Tingkatkan Akses Penyandang Disabilitas

Menpora Amali sangat yakin bahwa semangat pemerintah dan masyarakat Papua untuk menjadikan Bumi Cenderawasih sebagai provinsi olahraga akan menjadi motivasi tersendiri.

Hadir dalam kesempatan ini, Menpora bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.