Dark/Light Mode

Jelang Uber-Thomas, Jojo Cs Fokus Jaga Kebugaran

Rabu, 6 Oktober 2021 19:46 WIB
Pebulutangkis tunggal Indonesia Jonatan Christie alias Jojo di gym. (Foto : PBSI)
Pebulutangkis tunggal Indonesia Jonatan Christie alias Jojo di gym. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Piala Thomas-Uber 2020, tim bulutangkis Indonesia mengisi hari kedua di Aarhus, Denmark, dengan melakukan latihan ringan. Latihan hanya dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Hotel Scandic, pada Rabu (6/10).

"Hari ini kita manfaatkan waktu persiapan dengan berlatih di Hotel Scandic. Tim putra dan putri bisa bergantian berlatihnya. Ini dengan tujuan untuk menjaga kebugaran dan kondisi setelah kemarin kita datang dari Finlandia," tutur Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI kepada Tim Humas dan Media PP PBSI di Hotel Scandic, Aarhus.

Mulai pukul 07.00 waktu setempat, tim Piala Thomas berlatih. Ada yang berlatih kebugaran di fasititas gym yang tersedia hotel. Selebihnya joging-joging di pelataran parkir hotel.

Baca juga : Gelar PTM Terbatas, Disdik Depok: Tiap Kelas Cuma 15 Orang

Latihan bagi pemain putra yang terdiri atas 4 pemain tunggal dan 8 pemain ganda, pun harus dibagi. Ini karena ruangan fasilitas gym sangat kecil. Ukurannya sekitar 4X5 meter persegi.

"Harus pintar-pintar menyiasati minimnya fasilitas gym yang sangat terbatas di hotel sini," tutur Rionny.

Ditambahkan oleh kepala pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi, latihan ringan pada hari kedua kedatangan di Aarhus ini dilakukan untuk menjaga kondisi pemain. Pemain bisa mencari keringat dan otot-ototnya siap kembali setelah di hari kedatangan kemarin tidak ada latihan apa pun.

Baca juga : Ogah Terlena, Polri Tetap Fokus Kendalikan Covid-19

"Ya biar menjaga kebugaran, biar lebih fresh kondisinya dengan bergerak," ujar Herry.

Usai tim putra betlatih, mulai jam 08.00 waktu setempat, gantian tim Piala Uber berlatih. Di ruangan gym, tim ganda putri tengah menjalani latihan kebugaran secara bersama-sama.

Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Ribka Sugiarto dkk., terlihat demikian semangat mengikuti instruksi pelatih fisik Ari Subarkah.

Baca juga : Inovasi AQUA Japan Di Tengah Pandemi, Fokus Pada Kesehatan

Menurut Rionny, Indonesia sebenarnya sudah meminta jadwal latihan teknik kepada panitia. Namun hingga Rabu siang waktu Aarhus, belum ada kepastian. Akhirnya diputuskan, untuk sesi sore hari kalau kondisi cuacanya tidak hujan, pemain akan diajak joging di taman yang ada di samping hotel.

Apalagi hasil tes PCR yang keluar pagi ini menyatakan bahwa seluruh anggota tim bulutangkis Indonesia negatif dari Covid-19. Tes dilakukan kemarin dengan metode saliva (air ludah). Dengan hasil tes negatif tersebut, tim Indonesia diizinkan bisa berlatih di luar hotel.

"Karena jadwal untuk latihan teknik di lapangan bulutangkis belum ada, sore nanti kita latihan joging di taman sebelah hotel saja. Pokoknya pemain harus bergerak agar sehat, dan menjaga kondisi," tegas Rionny. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.