Dark/Light Mode

PON XX Papua

Kompak, Putra dan Putri Beregu Bulutangkis DKI Lolos Final

Jumat, 8 Oktober 2021 19:00 WIB
Pebulutangkis DKi Jakarta Ruseli Hartawan. (Foto: Istimewa)
Pebulutangkis DKi Jakarta Ruseli Hartawan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim putra dan putri DKI Jakarta kompak lolos ke final bulutangkis beregu PON XX Papua 2021. Setelah di semifinal yang berlangsung di GOR Waringin Jayapura Jumat (8/10) mengalahkan lawan-lawannya.

Ruseli Hartawan Cs dengan penuh perjuangan menang 2-1 atas tuan rumah Papua. Sementara Christian Adinata Cs tanpa kesulitan mengalahkan Jawa Timur 3-0 langsung. Tim Putri DKI memimpin 1-0 melalui Ruseli Hartawan.

Penghuni Pelatnas ini susah payah mengalahkan sesama Pelatnas Asty Dwi Widyaningrum 25-23, 21-18 dalam waktu 45 menit. Papua menyamakan kedudukan 1-1 melalui tinggal keduanya Gabriella Meilani Moningka yang berhasil mengalahkan Aurum Oktavia Winata 21-14, 21-18.

Baca juga : Catur Beregu Putra Sumbang Emas Pertama Untuk DKI

Pasangan Ruseli Hartawan/Nahla Aufa Dia Ulhaq unggul berhasil mengalahkan Brigita Marcelia Rumambi/Gaberelia Meilani Moningka 21-16, 23-21.

Laga menentukan atau partai ketiga antara DKI melawan Papua berlangsung ketat. Ruseli/Nahla yang sudah unggul 21-16 pada gim satu, dan memimpin 18-15 di gim dua justru tertekan bahkan sempat tertinggal 19-20, 20-21. Namun akhirnya menang 23-21. DKI Jakarta menantang Jawa Timur di final, Jatim menang mudah 2-0 atas Bali.

Laga final akan berlangsung Sabtu (9/10) pukul 09.00 WIT di tempat yang sama. Ruseli yang sudah dua kali bermain merangkap menyatakan siap saja jika di laga final nanti kembali bermain tunggal dan ganda.

Baca juga : PON XX Papua, DKI Sabet Medali Emas Beregu Renang Artistik

"Jika diminta saya siap, terpenting pemulihan, makan dan istirahat yang cukup saja," ujar  Russel.

Pelatih tim Putri Ardianti Firdasari mengatakan peluang menang lawan Jatim cukup terbuka. "Peluang ada di nomor tunggal kita berusaha mengambil dua tunggal langsung. Kalau ganda kita minta bermain lepas saja," ujar Putri. 

Berbeda dengan tim putri, tim putra lolos ke final dengan 3-0 langsung. Dipercaya sebagai tunggal pertama Christian Adinata tanpa kesulitan mengalahkan Gatjra Piliang Fiqilillahi 21-15, 21-12.

Baca juga : Jepang Mau Kembangkan Teknologi Hutan Berkelanjutan Di Indonesia

DKI unggul 2-0 setelah Amri Syahnawi/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambutan menang dari pasangan Calvin Khristanto/Moh Reza Pahlevi Isfahani 21-17, 19-21, 21-14. Karono menjadi penentu kemenangan. Sekaligus membawa DKI ke final usai mengandaskan Nur Yahya Ady Velani 21-11, 21-8. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.