Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Asia

Dikalahkan Australia 2-3, Ini Pesan Ketum PSSI Untuk Timnas U-23

Rabu, 27 Oktober 2021 08:08 WIB
Timnas Indonesia U-23,saat melawan Australia di Republican Central Stadium Dushanbe, Selasa (26/10) malam. (Foto: Istimewa)
Timnas Indonesia U-23,saat melawan Australia di Republican Central Stadium Dushanbe, Selasa (26/10) malam. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan tetap memberikan semangat kepada Timnas Indonesia U-23 meski kalah dari Australia dengan skor 2-3. Laga Kualifikasi Piala AFC U-23 tersebut digelar di Republican Central Stadium Dushanbe, Selasa (26/10) malam.

Pada pertandingan tersebut kedua gol Garuda Muda dicetak oleh Witan Sulaeman di menit ke-67' dan Taufik Hidayat pada menit ke-83'. Selanjutnya, Indonesia U-23 kembali melawan Australia pada 29 Oktober mendatang.

Laga baru dimulai, Indonesia langsung dikejutkan dengan hadiah penalti buat lawan. Pemain Australia, Lewis Miller, dijatuhkan di kotak terlarang.

Tim negeri Kanguru mendominasi permainan. Mereka membuat Indonesia harus lebih banyak bertahan di 45 menit awal ini.

Baca juga : Digebuk Australia 2-3, PSSI Pede Garuda Muda Menang Di Leg Kedua

Beberapa peluang dihasilkan. Indonesia sempat sedikit panik menghadapi gempuran yang datang, namun pada akhirnya sampai turun minum tetap tidak ada gol yang mampu dihasilkan.

Setelah turun minum  Indonesia bermain sedikit lebih berani. Tapi hal itu dimanfaatkan oleh lawa. Australia bisa memecah kebuntuan. Mark Tokich membobol gawang Tim Garuda dengan sundulan menyambut umpan free kick di tiang jauh pada menit 52.

Pada menit 58 Australia kembali menjebol gawang Indonesia. Giliran Patrick Wood yang  membuyarkan gawang Indonesia. Meski tertinggal 0-2 tidak membuat Indonesia patah arang. Buktinya menit 66, mereka bisa memperkecil ketinggalan lewat tendangan Witan Sulaiman dari depan kotak penalti. 

Tapi sayang satu menit kemudian juatru gawang Indonesia kebobolan lgi. Giliran Jakob Italiano yang membobol gawang Indonesia dengan sepakan keras dari luar kotak penalti.

Baca juga : Garuda Muda Kalah 2-3 Dari Australia, Perjuangan Belum Berakhir

Tapi itu juga belum membuat Indonesia menyerah. Kembali mereka bisa menipiskan selisih menjadi 2-3. Taufik Hidayat yang baru masuk, mengoyak jala Australia dengan tendangan kencang di mulut gawang pada menit 84. Sampai laga selesai keunggulan 3-2 bagi Australia tetap bertahan. 

“Pemain telah berjuang keras malam ini dan mereka harus tetap optimistis. Semangat pemain jangan sampai hilang. Masih ada leg kedua nanti,” ujar Iriawan. 

Meski begitu, Iriawan menginginkan pemain agar tampil lebih baik pada laga leg kedua nanti. Peluang lolos pun masih terbuka.

"Fokus, disiplin dan kerja keras harus selalu ditanamkan dalam benak pemain. Australia tim kuat namun kita tidak gentar. Kami yakin meraih hasil terbaik pada leg kedua nanti," tambahnya.

Baca juga : Kalahkan Persipura, Ini Kata Pelatih Djajang Nurdjaman Untuk Barito Putera

Indonesia akan melawan Australia pada leg kedua tanggal 29 Oktober mendatang di stadion yang sama malam ini. Bila mampu melewati Australia akan lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022 mendatang. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.