Dewan Pers

Dark/Light Mode

Rombak Pemain, Persija Bakal Tarik Pulang Ryuji Utomo Dari Penang FC

Kamis, 4 Nopember 2021 08:58 WIB
Pemain Persija, Ryuji Utomo yang dipinjamkan ke Penang FC Malaysia. (Foto : VocketFc)
Pemain Persija, Ryuji Utomo yang dipinjamkan ke Penang FC Malaysia. (Foto : VocketFc)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manajem  Persija siap merombak kompisi pemain jelang putaran kedua Liga 1. Beberapa nama pemain Persija yang dipinjam klub lain, bakal ditarik pulang. Satu nama yang sudah pasti ditarik adalah Ryuji Utomo, yang kini membela klub Malaysia, Penang FA.

Manajer Persija, Bambang Pamungkas menjelaskan ada beberapa opsi yang dilakukan bisa saja dengan mendatangkan pemain baru, melepas pemain, meminjam pemain, hingga mendatangkan kembali nama-nama yang saat ini masih dipinjamkan.

“Saya harus sampaikan bahwa momen transfer window atau bursa transfer pemain putaran kedua, selalu menjadi momen untuk melakukan evaluasi bagi siapa pun. Baik ketika tim tampil baik, apalagi ketika tim tampil kurang maksimal seperti saat ini. Artinya adalah manajemen dalam hal ini direksi akan melihat kinerja dari seluruh komponen tim, yang nantinya tujuannya adalah untuk memperbaiki atau memperkuat komposisi tim,” kata Bambang dalam sesi konferensi pers virtual dengann para media.

Berita Terkait : 2 Pemain Persela Tampil Gemilang Di Liga 1, Ini Pesan Pelatih Iwan Setiawan

Bambang pun bicara soal rencana kembalinya pemain-pemain dari masa pinjaman. Mereka adalah Hamra Hehanussa (Dewa United), Resky Fandi (Dewa United), Risky Sudirman (PSPS), dan Ryuji Utomo (Penang FA). Ryuji disebut sebagai nama yang dipastikan bakal bergabung di putaran kedua.

“Berkaitan dengan Ryuji, seperti yang tadi disampaikan bahwa ada kabar-kabar mengenai keinginan klub-klub luar untuk merekrut Ryuji. Sekali lagi saya jawab secara profesional di sini. Bahwa dari apa yang saya tahu, Ryuji adalah sah pemain Persija sampai dengan setidaknya setahun atau dua tahun ke depan. Artinya adalah jika ada klub lain yang Ingin menggunakan jasa Ryuji, maka harus berkomunikasi secara resmi kepada Persija. Itupun juga tergantung dengan apakah Persija berniat untuk melepas Ryuji atau tidak,” tutur Bepe, sapaan akrab Bambang. 

“Kemudian apakah Ryuji pada putaran kedua nanti gabung ke Persija atau tidak. Saya pikir teman-teman, pada pertemuan sebelumnya yang ada Pak Panca (Mohamad Prapanca/Presiden Persija), saya pikir sudah dijelaskan bahwa Ryuji akan jadi salah satu pemain yang diproyeksikan untuk kembali di putaran kedua. Jadi itu setidaknya sudah menjadi gambaran, ke arah mana Persija nantinya akan mengambil kebijakan berkaitan dengan Ryuji,” ucapnya lagi.

Berita Terkait : Pertamina Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Jadi Amplang di Pontianak

Selain itu, Bepe pun mengomentari kabar soal rumor gelandang Persib, Dedi Kusnandar. “Mengenai Dedi Kusnandar (pemain Persib), sejujurnya saya belum tahu dari mana kabar itu berhembus. Saya juga kurang paham. Namun saya sampaikan juga, ketika zoom sebelumnya bersama Pak Panca, bahwa sekarang ini saya memiliki sembilan nama (pemain) nominasi yang kemungkinan akan menjadi pertimbangan pemain-pemain yang kembali dari peminjaman, penambahan, dan sebagainya. Tapi ini masih kemungkinan,” ujar Bepe. 

“Sekali lagi untuk saat ini yang paling penting adalah bagaimana kami bisa memaksimalkan kekuatan yang ada. Seperti kita ketahui bahwa transfer window masih jauh, artinya masih ada beberapa pekan ke depan. Yang sudah kami jalankan harus kami selesaikan dengan baik, dengan materi pemain yang ada. Kami sepakat, direksi, pelatih, dan staf pelatih, kami percaya dengan kemampuan yang ada pada tim saat ini, untuk bisa menyelesaikan setidaknya putaran pertama ini dengan baik,” katanya. [IPL]