Dark/Light Mode

Menpora: Tim Koordinasi Pusat Penyelenggaraan DBON Dipimpin Wapres Ma’ruf Amin

Senin, 8 November 2021 06:06 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjadi ketua tim koordinasi pusat dalam penyelenggaraan desain besar olahraga nasional (DBON).

“Wakil ketua adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Sedangkan ketua pelaksana adalah saya sendiri,” kata Menpora Amali dalam sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 di Hotel Myko, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (7/11). 

Baca juga : Menpora Tegaskan Pentingnya DBON Dan Sport Science Demi Raih Prestasi

Lebih lanjut, Menpora Amali menyampaikan struktur ini beranggotakan sejumlah para menteri. Diantaranya yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Agama, Menteri Keuangan, Mendikbud Ristek, Menteri Kesehatan.

Kemudian ada Menteri Sosial, Menteri Perindustrian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri PPN/Bappenas, Menteri Badan Usaha Milik Negara, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Baca juga : Menpora Pastikan Kesetaraan Penyelenggaraan PON Dan Peparnas

“Sementara, untuk tim koordinasi provinsi, kabupaten, kota dipimpin oleh gubernur, bupati, dan wali kota. Sususan tim koordinasi daerah disesuaikan dengan kebutuhan,” ujar Menpora Amali. 

Dalam aturan ini, juga dituangkan mengenai pendanaan yang diperlukan bagi pelaksanaan DBON. Pendanaan tersebut dapat bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), anggaran pendapatan dan belanja (APBD), dan/atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

Baca juga : Staf Wapres Tertarik Duplikasi

“Untuk olahraga prestasi disalurkan langsung kepada induk organisasi cabang olahraga dan NPC,” pungkas Menpora Amali. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.