Dark/Light Mode

Sukses Gelar Peparnas, Papua Siap Hajat ASEAN Paragames

Senin, 15 November 2021 05:42 WIB
Presiden Jokowi saat menutup Peparnas Papua. (Foto : Kemenpora)
Presiden Jokowi saat menutup Peparnas Papua. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Vietnam resmi membatalkan diri menjadi tuan rumah ASEAN Paragames 2021. Presiden RI Joko Widodo disebut mendukung Indonesia jadi tuan rumah pengganti.

Hal itu disampaikan Ketua Komite Paralimpiade Nasional Indonesia Senny Marbun, yang menyebut pihaknya sudah menerima surat resmi dari Vietnam Paralympic Associantion (VPA) terkait pembatalan multi event olahraga khusus atlet difabel ke-11 tersebut.

VPA mengirim surat resmi yang ditujukan kepada Presiden ASEAN Para Sports Federation (APSF), Osoth Bhavilai dan negara-negara anggota APSF termasuk Indonesia.

Baca juga : Mahfud Puji Semangat Juang Atlet Penyandang Disabilitas

Dalam surat tertanggal 11 November 2021 yang ditandatangani oleh Presiden NPC Vietnam, Huynh Vinh Ai, memberi penjelasan tentang pelaksanaan ASEAN Para Games (APG).

Vietnam memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan APG karena tingginya gelombang keempat penyebaran Covid-19 di Vietnam. Selain masih tingginya kasus aktif Covid-19 di Vietnam, VPA juga melihat kasus yang sama di negara­-negara anggota APSF juga masih tinggi sehingga memutuskan untuk tidak menjadi tuan rumah ASEAN Para Games.

Melihat situasi yang kini terus berkembang dan tidak bersedianya Vietnam menggelar multi ajang olahraga tersebut, muncul rencana dari NPC Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

Baca juga : Andika Perkasa, Pilihan Tepat Presiden

Peluang Indonesia untuk menggelar ASEAN Para Games sedikit terbuka karena hal itu telah sempat dibicarakan oleh Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun dengan Presiden Joko Widodo.

“Saya telah membicarakan keinginan kita kepada Presiden Joko Widodo saat menemani beliau menyaksikan pertandingan final para bulu tangkis Peparnas di GOR Cendrawasih Jayapura, kemarin,” kata Senny Marbun dalam rilis NPC Indonesia yang diterima awak media Ahad.

“Secara lisan Presiden sangat mendukung rencana Indonesia menjadi tuan rumah APG 2022 menggantikan Vietnam,” imbuhnya. [JON]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.