Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia 2022

Italia Vs Irlandia Utara, Kudu Bersinar Demi Tiket Ke Qatar

Senin, 15 November 2021 12:46 WIB
Para pemain timnas Italia. (Foto : AFP)
Para pemain timnas Italia. (Foto : AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Italia wajib meraih poin penuh demi membuka asa lolos ke Piala Dunia Qatar 2022.  Sayaratnya, wajib menang sekaligus mempertahankan rekor tak terkalahkan melawan Irlandia Utara di ajang kualifikasi Piala Dunia di Stadion Windsor Park pada Selasa (16/11) dini hari WIB. 

Italia gagal meraih dua kemenangan dari dua pertandingan terakhir saat ditahan imbang 1-1 oleh Swiss. Sebelum itu, pasukan Roberto Manicini mengklaim kemenangan 2-1 atas Belgia memperebutkan perunggu di UEFA Nations League.

Italia, yang belum merasakan kekalahan di jadwal kualifikasi kualifikasi Piala Dunia 2022, saat ini duduk di puncak klasemen. Azzurri punya poin yang seimbang dengan 15 poin dari Swiss yang berada di posisi kedua. Poin tersebut sama dengan Swiss, namun Italia unggul selisih 2 gol.

Baca juga : Spanyol Dan Kroasia Segel Tiket Menuju Qatar

Italia wajib menang melawan Irlandia Utara di Belfast. Menang pun belum pasti lolos langsung, karena masih harus melihat hasil Swiss vs Bulgaria.

Menilik aturan FIFA, saat ini Italia punya selisih gol 13-2 (+11), sementara Swiss 11-2 (+9). Jika Italia menang 1-0 tapi Swiss menang 4-0, maka Swiss yang akan lolos langsung ke Qatar karena punya selisih gol akhir 15-2 (+13), sementara Italia hanya 14-2 (+12).

Sementara itu, Irlandia Utara kembali ke jalur kemenangan ketika mereka menyingkirkan Lithuania 1-0 di kandang sendiri. Sebelum itu, tim asuhan Ian Baraclough gagal meraih kemenangan dalam tiga pertandingan berturut-turut, kalah dua kali dan meraih satu hasil imbang.

Hasilnya melihat Irlandia Utara naik ke tempat ketiga di Grup C, setara dengan delapan poin dengan Bulgaria.

Baca juga : Portugal Nelangsa, Jerman Makin Perkasa

"Laga nanti tidak akan berjalan mudah. Karena, Irlandia Utara tidak membiarkan lawan-lawannya berkembang ketika tampil di kandang,” tegas pelatih Italia, Roberto Mancini dikutip dari laman Football Italia.

“Di laga nanti, kami harus memindahkan bola dengan cepat dan tidak akan mengandalkan umpan-umpan panjang. Sama seperti yang sudah kami lakukan selama tiga tahun terakhir,” katanya menambahkan.

Lebih lanjut, Mancini membuka peluang untuk menduetkan Sandro Tonali dan Nivola Barella. Mancini memastikan keduanya berada dalam kondisi fit dan siap tempur.

Baca juga : Jerman Vs Armenia, Der Panzer Ogah Injak Rem

“Tonali sudah menunjukkan perkembangan menggembirakan dan bisa tampil semenjak menit awal. Barella juga sudah pulih dan kini berada dalam kondisi baik.

Akan tetapi, Mancini enggan membeberkan pemain yang akan dipercaya menjadi ujung tombak. Menurutnya, mentalitas Azzurri menjadi hal terpenting agar bisa membawa pulang poin penuh dari Belfast.

“Tak peduli apakah kami akan bermain dengan striker atau skema false nine. Hal terpenting buat kami adalah mentalitas,” tutup Mancini. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.