BREAKING NEWS
 

Usul Pembentukan Panja Netralitas TNI Memantik Pro Kontra Di Senayan

TB Hasanuddin: Panja Ini Supaya TNI Tetap Netral

Reporter : NANA MAULANA
Editor : DAUD FADILLAH
Minggu, 12 November 2023 06:02 WIB
TB Hasanuddin, Anggota Komisi I DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Bagaimana kelanjutan usul tentang pembentukan panja netralitas TNI?

Adsense

Dalam rapat Komisi I DPR pada Kamis (9/11/2023), ada dua yang mengemuka. Pertama, Panja Netralitas TNI. Kedua, Panja Netralitas Penyelenggara Pemilu. 

Kalau Panja Netralitas TNI, khusus untuk TNI. Kalau Panja Pemilu, untuk mitra-mitra yang terlibat Pemilu, atau berpengaruh ke Pemilu.

Misalnya?

Baca juga : Bobby Adhityo Rizaldi: Belum Perlu DPR Membentuk Panja

Seperti, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Sandi dan Siber Nasional (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dewan Pers dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). 

Panja Netralitas TNI ini penekanannya tentang apa? 

Supaya TNI netral dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Bahwa, prajurit TNI harus netral dan tidak berpolitik praktis. Kita buktikan itu, dalam pesta demokrasi pada Pemilu 2024.

Menurut Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi, Panja tersebut belum dibutuhkan saat ini. Sebab, belum ada indikasi TNI tidak netral. Tanggapan Anda? 

Baca juga : Banteng Senayan Ngasah Tanduk

Saya justru melihat ada indikasi itu. Misalnya, penunjukan calon Panglima TNI yang baru beberapa hari jadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Apa tidak ada lagi Kepala Staf yang lain.

Maksudnya?

Kalau mengikuti alur, KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) sudah mau pensiun, KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) kan sudah setahun, kenapa tidak beliau saja. Kenapa harus mengangkat seseorang menjadi KSAD, dan baru beberapa hari menjadi KSAD, langsung dicalonkan sebagai Panglima TNI. Nah, ini indikasi bahwa ada tugas-tugas terkandung yang tidak bisa saya jelaskan di sini. 

Bagaimana kelanjutan usul tentang Panja Netralitas TNI ini? 

Baca juga : Soal Dugaan Pelanggaran Netralitas Kepala Daerah, Gibran: Saya Ikut Aturan

Kami segera memilih beberapa orang untuk Panja Netralitas TNI, dan beberapa orang untuk Panja Netralitas Pelaksana Pemilu. Nanti, setiap fraksi beberapa orang, harus sama. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 12 November 2023 dengan judul "Usul Pembentukan Panja Netralitas TNI Memantik Pro Kontra Di Senayan, TB Hasanuddin: Panja Ini Supaya TNI Tetap Netral"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense