Dark/Light Mode

Gulirkan Panja Netralitas TNI

Banteng Senayan Ngasah Tanduk

Sabtu, 11 November 2023 08:00 WIB
Ketua Fraksi PDIP di DPR, Utut Adianto. (Foto: Dok. DPR RI)
Ketua Fraksi PDIP di DPR, Utut Adianto. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banteng Senayan mulai ngasah tanduk. Setelah mengusulkan hak angket untuk Mahkamah Konstitusi (MK) karena menyetujui gugatan usia Capres-Cawapres, Fraksi PDIP di DPR kini menggulirkan Panja Netralitas TNI di Pilpres. Namun, sayang usulan itu sepi dukungan.

Usulan tersebut disampaikan Ketua Fraksi PDIP di DPR, Utut Adianto di hadapan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi I di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa lalu.

Baca juga : Berikan Keamanan Siber Terkini, Lintasarta Kenalkan Layanan Terbaru

Mula-mula, Utut menyinggung posisi Presiden Jokowi sebagai Panglima Tertinggi TNI. Artinya, ja­batan Jokowi lebih tinggi dibanding Yudo. Utut lantas menanyakan kepa­da Yudo, apa bisa bersikap netral jika diperintah Jokowi untuk melakukan perkara melawan hukum mengenai pelaksanaan Pilpres. Mengingat, putra sulung Jokowi yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming maju di Pilpres 2024 mendatang.

"Sanggup nggak Bapak menolak? Kalau perintah itu melawan hukum? Pak KSAD (Jenderal Agus Subian­to) sudah disurati (dari Presiden kepada DPR) bakal jadi, menurut yang saya dengar, bakal jadi calon panglima," kata Utut.

Baca juga : Fuso Pastikan Peluncuran Truk Listrik eCanter Tahun Depan On Schedule

Dia bilang, panglima baru calon pengganti Yudo mentalnya harus lebih siap. Apalagi dia memimpin TNI di tahun-tahun poltik. “Bapak juga harus latihan, Bapak akan menjadi panglima di saat turbulensi. Hari-hari ini bukan hari-hari biasa, banyak anomali politik," ungkapnya.

Ketua DPP PDIP itu kemudian mengusulkan pembentukan panja netralitas TNI di Komisi I DPR. Usul tersebut sebelumnya telah diinformasikan Utut kepada pimpinan di Komisi I. "Kalau memang berkenan untuk menjaga marwah DPR, buatlah Panja Netralitas TNI. Jadi kita sembari di tengah kesibukan kita sebagai caleg kita membuat pengawasan," ucap Wakil Ketua Komisi I DPR itu. ­
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.