BREAKING NEWS
 

Unas dan Baznas Sepakat Berkolaborasi Terkait Tridharma Perguruan Tinggi

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Rabu, 8 Februari 2023 22:10 WIB
Ketua Baznas Prof Noor Achmad (kiri) dan Rektor Unas El Amry Bermawi Putera, menunjukkan berkas kerja sama, di Jakarta, Rabu (8/2). (Foto: Dok. Unas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Nasional (Unas) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sepakat menjalin kerja sama dalam hal tridharma perguruan tinggi. Kerja sama ini tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani langsung Rektor Unas El Amry Bermawi Putera dan Ketua Baznas Prof Noor Achmad, di Ruang Exhibition Unas, Rabu (8/2).

El Amry Bermawi Putera menerangkan, dengan kerja sama ini, banyak prospek yang bisa dikerjakan bersama-sama antara Unas dengan Baznas. Menurutnya, Baznas merupakan suatu lembaga yang strategis untuk kepentingan kemanusiaan.

Baca juga : Pesan Wapres: NU Harus Bertransformasi Sesuai Perkembangan Zaman

Dia menerangkan, potensi zakat di Indonesia cukup tinggi. Namun, hal itu tidak dibarengi dengan pelaksanaannya. Hal ini bisa menjadi suatu objek yang dapat diteliti dan menghasilkan kajian akademik yang baik.

Adsense

“Saya kira melalui lembaga pendidikan ini bisa dilakukan dan menjadi partner strategis Baznas agar kita bisa belajar bersama-sama,” ucap El Amry.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Dunia Kerja, Tingkatkan Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi

Dalam kesempatan yang sama, Noor Achmad mengatakan, Unas sebagai lembaga pendidikan tinggi memiliki banyak sumber informasi dan ilmu yang bisa diserap Baznas. “Oleh karena itu, Baznas akan memanfaatkan keilmuan ini dalam rangka untuk melakukan hal-hal yang praktis terkait implementasi zakat di Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkan, kerja sama bisa dilanjutkan ke bidang yang lain. Bukan hanya Pendidikan, namun juga penelitian-penelitian dan pengembangan.

Baca juga : Mentan Dorong Peternakan Modern Berbasis Teknologi Presisi

Ia juga akan memanfaatkan jejaring kerja sama yang sudah dilakukan terkait Asia Cyber University dengan beberapa perguruan tinggi Korea. “Kalau tadi Pak Rektor menawarkan Asia Cyber University yang telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi Korea itu, insya Allah bisa dimanfaatkan oleh Baznas,” katanya.

Selain penandatanganan MoU, dalam acara ini juga dilakukan sosialisasi terkait peran Baznas dalam pemberdayaan umat Muslim di Indonesia yang disampaikan Noor Achmad. Acara ini turut dihadiri Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Suryono Efendi, Wakil Rektor Unas Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof Eko Sugiyanto, serta para Dekan, Ketua dan Sekretaris Program Studi di lingkungan Unas.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense