Dark/Light Mode

Neymar, Ronaldo, Dan Mbappe: Raja Sepakbola Itu Telah Pergi

Jumat, 30 Desember 2022 06:33 WIB
Legenda Brazil, Pele semasa hidup. (Foto : ist)
Legenda Brazil, Pele semasa hidup. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wafatnya legenda Brazil Pele menjadi perhatian dunia. Pesohor si kulit bundar, Neymar, Kylian Mbappe dan Cristiano ronaldo ramai-ramai menyampaikan penghormatan atas kepergian Pele. 

Bintang Brazil, Neymar, yang bulan ini baru saja menyamai rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak Selecao lewat golnya dalam perempat final Piala Dunia 2022 Qatar, menyampaikan penghormatan lewat Instagram pribadi, @neymarjr.

"Sebelum Pele, 10 hanyalah sebuah angka. Saya pernah membacanya entah di mana. Tapi betapapun indahnya, kalimat itu tidak lengkap," tulis Neymar dalam takarir unggahannya yang dibuka dengan foto Pele mengenakan sebuah mahkota.

"Saya akan bilang sebelum Pele sepak bola hanyalah olahraga. Pele mengubah segalanya. Ia membuat sepak bola menjadi seni, sebuah hiburan. Menjadi suara bagi si papa, hitam, dan terutama: memalingkan pandangan dunia ke Brazil. Status sepak bola dan Brazil naik berkat sang Raja! Ia pergi tapi sihirnya bertahan. Pele SELAMANYA!!"

Baca juga : Sandiaga Makin Berani Ngelangkahi Prabowo

Ucapan duka cita dan penghormatan juga berdatangan dari megabintang Argentina Lionel Messi dan megabintang Portugal Cristiano Ronaldo.

Ronaldo dalam takarir unggahannya di Instagram, menyebut Pele "inspirasi untuk jutaan manusia, serta referensi di masa lalu, hari ini, dan selamanya."

Bintang Prancis, Kylian Mbappe, juga menyampaikan penghormatan kepada Pele.

Mbappe yang merebut perhatian dunia sepak bola dalam usia 19 tahun kala membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 tak jarang namanya dibanding-bandingkan dengan Pele.

Baca juga : Braif, Osvaldo Dan Raka Segera Latihan Bersama Persija

"Raja sepak bola telah meninggalkan kita, tapi warisannya tidak akan pernah terlupakan. RIP KING," cuit Mbappe dalam akun Twitter pribadinya, @KMbappe, sembari menyematkan fotonya bersama dilansir Antara.

Presiden FIFA Gianni Infantino melalui Instagram pribadi, @gianni_infantino, mengunggah enam foto Pele termasuk saat pria kelahiran 23 Oktober 1940 itu tengah mencium trofi Piala Dunia Jules Rimet yang tiga kali dia menangkan bersama Brazil. 

"Pele: Abadi - selamanya bersama kita," kata Infantino  dalam unggahannya tersebut.

Pele meninggal dunia pada pukul 15.27 waktu setempat karena sejumlah kegagalan organ akibat kanker usus besar dan beberapa kondisi medis sebelumnya.

Baca juga : Pra Popnas Zona 1: Tim Sepakbola Aceh Raih Emas, Sumut Bawa Perunggu

Dalam beberapa bulan terakhir, Pele didiagnosa menderita tumor usus dan sempat menjalani operasi pengangkatan tumor ususnya pada September 2021.

Pele disebut-sebut sebagai pesepakbola terbaik dalam sepanjang sejarah si kulit bundar,.

Dia menghabiskan 18 tahun awal karier profesionalnya di Santos di mana dia melakoni debut dalam usia 15 tahun.  Namanya menggema usai membukukan 618 gol dari 636 penampilan bersama klub Brazil itu, sebelum menuntaskan tiga tahun terakhirnya di Amerika Serikat berseragam New York Cosmos

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.