BREAKING NEWS
 

Wisudawan Universitas Trilogi Didorong Perkuat Kolaborasi & Integritas Diri

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Sabtu, 18 Maret 2023 21:51 WIB
Ketua Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ), Prof Arissetyanto Nugroho msmberikan sambutan pada Wisuda Universitas Trilogi, di Jakarta, Sabtu (18/3). (Foto: Universitas Trilogi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Trilogi menggelar wisuda 2023, dengan mengusung tema “Berkolaborasi dalam Inovasi untuk Berprestasi”, di Jakarta, Sabtu (18/3). Acara diikuti 478 wisudawan. Para wisudawan program sarjana maupun magister ini tersebar di 13 program studi, yaitu Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, PGSD, PG-PAUD, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Agribisnis, Agroekoteknologi, serta Ilmu & Teknologi Pangan.

Selain memberikan ucapan selamat atas peraihan gelar, kepada para wisudawan, Rektor Universitas Trilogi Prof Pramono Hari Adi berpesan agar para lulusannya selalu menjaga integritas diri.

“Salah satu tantangan terbesar bangsa ini terletak pada usaha pembangunan integritas yang berkelanjutan. Hadirnya berbagai peristiwa yang menunjukkan adanya krisis integritas diri belakangan ini seharusnya menjadi bahan refleksi bagi kita bersama, juga bagi kampus, termasuk Universitas Trilogi atas capaian darma-darmanya,” ucap Pramono.

Untuk itu, lanjut dia, dalam implementasinya sangat dibutuhkan semangat kolaborasi. Dengan begitu, tantangan yang tadinya terasa sulit akan mudah untuk dihadapi dan diselesaikan.

Baca juga : Jaga dan Lestarikan Batik, Universitas Budi Luhur Gelar Wastra Nusantara

“Melalui semangat kolaborasi, kerja-kerja akan semakin mudah, ide-ide dan karya inovatif akan lahir. Kita harus belajar banyak kepada pendiri bangsa, karena dengan semangat kolaborasi inilah mereka mampu mempertahankan kehadiran dan keutuhan NKRI,” jelasnya.

Senada dengan Pramono, Ketua Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ) Prof Arissetyanto Nugroho, selain memberikan ucapan selamat juga menyemangati kepada para wisudawan untuk menjadi penerang bagi lingkungannya.

Adsense

“Ilmu pengetahuan sejatinya membawa energi perubahan yang baik. Ilmu pengetahuan juga merupakan penerang yang memudahkan manusia meniti jalan. Maka tidaklah tepat jika para wisudawan yang telah memiliki ilmu yang cukup justru tidak menjadi penerang bagi lingkungannya,” jelasnya.

Sementara itu, atas capaian-capaian Universitas Trilogi selama ini, Kemendikbud yang diwakili Koordinator Peningkatan Mutu Pembelajaran dan Kemahasiswaan LLDIKTI Wilayah III Tri Munanto mengucapkan selamat kepada para orang tua yang telah memutuskan untuk memilih Universitas Trilogi sebagai tempat pendidikan tinggi bagi anak-anaknya.

Baca juga : Perpustakaan Dorong Daerah Jadi Lebih Mandiri & Punya Daya Saing

“Tantangan percepatan kemajuan teknologi sangat luar biasa. Akan tetapi, perkembangan ini selaras dengan visi Universitas Trilogi. Universitas Trilogi sangat visioner dalam memandang tantangan di masa depan,” ucapnya.

Acara wisuda yang bertepatan dengan dies natalis ke-10 ini dilaksanakan di Atrium Universitas Trilogi. Yang didaulat memberikan orasi ilmiah adalah Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Prof Anwar Sanusi.

Dalam orasinya, Anwar menyampaikan bahwa urusan dalam membangun masyarakat harus ditopang secara bersama. Di antaranya adalah melakukan kolaborasi antara pendidikan tinggi dengan sektor-sektor yang terkait dengan ketenagakerjaan. Selain itu, disampaikannya juga data terkait tantangan bagi para wisudawan.

“Kepada para wisudawan yang akan mengisi sebuah ceruk atau kelompok yang dinamakan kelompok intelektual, tantangannya sangat luar biasa. Misalnya dalam hal menghadapi era disrupsi teknologi berupa banyak pekerjaan yang hilang sekaligus banyak juga pekerjaan baru yang akan muncul,” ujarnya, di hadapan para peserta yang hadir dalam acara wisuda kampus yang ber-tagline Teknososioprenur, Kolaborasi, dan Kemandirian ini.

Baca juga : Bambang Soesatyo Dorong Penguatan Keamanan Siber Nasional

Selain wisudawan dan keluarganya, acara ini juga dihadiri berbagai tamu undangan. Di antaranya pengurus YPPIJ, pengurus Yayasan Damandiri, pimpinan STIKES Mitra Ria Husada, para kepala sekolah dan guru DKI Jakarta, serta tamu undangan lain baik dari pemerintahan maupun lembaga swasta yang selama ini telah berkolaborasi dengan Universitas Trilogi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense