BREAKING NEWS
 

Jadi Ujung Tombak Ekonomi, Sandiaga: Milenial Harus Merdeka Finansial

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Rabu, 1 Desember 2021 17:12 WIB
Menaprekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia saat ini sedang menikmati bonus demografi. Hal itu tercermin dari struktur demografi Indonesia yang didominasi oleh penduduk berusia muda alias milenial, dengan median 29,9 tahun. Demografi ini jauh lebih muda dibandingkan dengan Tiongkok di angka 37,1 tahun.

Bonus demografi berkontribusi positif bagi tumbuhnya PDB dari sektor ekonomi kreatif yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), PDB Sektor Ekonomi Kreatif meningkat dari Rp 784 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp 1,105 triliun pada tahun 2018. Sekitar 41 persen selama kurun waktu 4 tahun.

Baca juga : Hary Tanoe Buka Konvensi Rakyat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, generasi milenial adalah ujung tombak segala aspek bangsa, utamanya sektor perekonomian. Karena itu, harus dibangun kesadaran pentingnya literasi tentang kemerdekaan finansial.

Hal tersebut diungkapkan Sandi dalam Webinar Legislative Festival Sema UIN Jakarta bertajuk "Merdeka Finansial Sebelum Umur 30 Tahun".

Adsense

Baca juga : Jembatan Gantung Makammu Kerek Ekonomi Warga Takalar

"Membangun kesadaran dan semangat para milenial untuk memajukan pertumbuhan perekonomian di era sekarang dan sangat diharapkan untuk seluruh masyarakat untuk bersama sama meningkatkan laju perekonomian dengan membangun finansial yang baik," ujar Sandi, Rabu (1/12).

Pakar Keuangan Robert Kiyosaki mengatakan, merdeka finansial bukan sekadar punya harta melimpah. Tapi juga, memiliki kebebasan untuk melakukan banyak hal tanpa perlu mengkhawatirkan cash flow.

Baca juga : Jojo Tekuk Rekan Sendiri Ke Perempat Final

Di Indonesia sendiri, kesadaran akan kemerdekaan finansial sudah mulai tumbuh. Bank Indonesia (BI) mencatat, generasi milenial menjadi roda penggerak baru di pasar keuangan dengan usia di bawah 30 tahun, dengan jumlah 59 persen. Di antara jumlah itu, laki-laki sebanyak 62 persen dan perempuan sebanyak 38 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense