BREAKING NEWS
 

BIG Tunjuk Grab Jadi Platform Pemetaan Acuan Dasar Pembangunan Nasional

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Senin, 17 Januari 2022 20:59 WIB
Foto: Dok. Grab

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Informasi Geospasial (BIG) bersama Grab, mendukung kesuksesan Kebijakan Satu Peta atau One Map Policy (OMP) yang digagas Pemerintah Indonesia, dalam mewujudkan tata kelola hutan dan pertanahan yang baik.

Sebagai superapp pertama yang bekerja sama dengan BIG, Grab akan mengumpulkan lebih dari 10.000 POI (Point of Interest) atau titik koordinat di tiga kota dan kabupaten yang menjadi pilot project, yaitu Sukabumi, Sumedang, dan Tasikmalaya.

Baca juga : Kawal Inpres Jokowi, Perindo Dukung Pengembangan Sepak Bola Nasional

Dalam kolaborasi ini, pengumpulan POI didukung oleh mitra pengemudi Grab dengan teknologi pengumpulan data yang dihadirkan oleh Grab.

Data POI yang didapatkan tersebut akan masuk ke dalam peta dasar BIG, yang akan dijadikan acuan dasar pembangunan ekonomi daerah, serta akan masuk ke peta Grab sehingga memudahkan pelaku ekonomi seperti UMKM untuk diakses oleh masyarakat melalui layanan Grab.

Baca juga : Kasus Covid Melonjak, Pemerintah Terbitkan Aturan Baru Pelaku Perjalanan LN

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang diwakili oleh Rudy Prawiradinata, Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terciptanya sinergi antara BIG dan Grab.

Perjanjian kerja sama ini merupakan langkah awal yang baik dalam mewujudkan Kebijakan Satu Peta (KSP) serta Satu Data Indonesia (SDI) guna mendukung pembangunan nasional.

Adsense

Baca juga : Dua Tersangka Jadi Saksi Buat Rahmat Effendi, Dicecar Soal Lahan Pembangunan Polder

"Kami berharap kolaborasi BIG dan Grab dalam pemanfaatan data toponimi Point of Interest (POI) dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, serta memperkuat dan memperkaya data toponimi yang ada, melalui data yang diperoleh dari mitra pengemudi dan pengguna layanan Grab di Indonesia," jelasnya, Senin (17/1).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense