BREAKING NEWS
 

Bandara Halim Tutup Sementara

Penumpang Bisa Refund Atau Terbang Dari Soetta

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : MUHAMAD FIKY
Senin, 24 Januari 2022 08:23 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta akan ditutup sementara mulai 26 Januari 2022 karena akan dilakukan perbaikan fasilitas. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyebutkan, ada 21 operator penerbangan akan memindahkan layanan dari Halim. Rinciannya, 2 maskapai niaga berjadwal, 17 maskapai niaga tidak berjadwal, 2 maskapai kargo dengan jumlah total 67 unit pesawat, dan 12 unit pesawat militer.

“Kami selaku pengelola Bandara Halim Perdanakusuma mulai 22 Januari 2022 sudah menjalankan skenario perpindahan operasional penerbangan ke 5 bandara penerima. Yakni Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Husein Sastranegara, Bandara Kertajati, Bandara Pondok Cabe, dan Bandara Budiarto,” ujarnya.

Awaluddin mengungkapkan, sejumlah skenario perpindahan operasional penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma di antaranya bagi perpindahan operasional armada maskapai niaga tidak berjadwal mulai 22-25 Januari 2022.

Baca juga : Ketum Pandawa Nusantara Minta Mahasiswa Tetap Kritis

Kemudian, pelaksanaan perpindahan operator ground handling direncanakan 22-24 Januari 2022.

Pelaksanaan perpindahan operasional penerbangan militer direncanakan 24-25 Januari 2022. Sementara itu, pelaksanaan Perpindahan maskapai niaga berjadwal (Citilink & Batik Air) dilakukan pada 25 Januari 2022.

Pengamat penerbangan Gatot Rahardjo menilai, proses revitalisasi terkesan terlalu cepat. Hal ini akan memberatkan maskapai, baik secara proses maupun ongkos perpindahan ke bandara lain.

Baca juga : Bacakan Pledoi, Kubu Angin Sebut Penuntut Umum Tak Bisa Buktikan Aliran Dana Suap

“Cuma 3,5 bulan? Wuih, ngebut. Kasihan maskapai dan lain-lain yang harus pindahan kalau waktunya sempit gitu, buang energi dan biaya. Kecuali, kalau ada subsidi dari Pemerintah,” ucapnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, penutupan Bandara Halim dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

“Dengan dimulainya revitalisasi, Bandara Halim akan ditutup sementara mulai 26 Januari 2022. Waktu penutupan diperkirakan paling lama 3,5 bulan,” ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense