BREAKING NEWS
 

Revitalisasi Bandara Diharapkan On The Track

Ingat, Halim Sering Dipake Buat Sambut Tamu Negara

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Senin, 14 Februari 2022 08:30 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Pengamat Penerbangan Alvin Lie berharap, revitalisasi selesai tepat waktu. Menurutnya, di tengah pandemi, pergerakan penumpang dan pesawat belum tinggi. Hal ini bisa dijadikan momentum untuk perbaikan kualitas dan kapasitas Bandara Halim.

“Makanya harus sesuai jadwal dan bisa cepat melakukan peningkatan revitalisasi,” kata Alvin kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut Alvin, revitalisasi Bandara Halim sudah seharusnya dilakukan mengingat usianya yang sudah puluhan tahun. Apalagi, ada berbagai kerusakan di bandara. Seperti landasan pacu sering terkelupas, gedung terminal kumuh, dan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : AC Milan Dan Juve Main Kaca Mata, Serigala Merah Tembus Zona Eropa

“Landasan pacu sering kali menimbulkan beberapa permasalahan. Mulai dari permukaan jalan, hingga permasalahan perbaikan taxiway supaya lebih efisien,” kritiknya.

Untuk penerbangan yang dialihkan ke Bandara Soetta, Alvin meyakini, AP II mampu meng-handle beberapa maskapai penerbangan, penumpang hingga berbagai pesawat charter. “Mungkin kalau yang charter juga bisa dipindah ke Bandara Husein atau bandara Kertajati,” ujar Alvin.

Alvin menambahkan, Bandara Halim selama ini merupakan bandara yang sering digunakan menerima kepala dan tamu negara. Namun fasilitasnya sudah berusia puluhan tahun alias jadul. “Jadi perlu peningkatan yang lebih baik. Apalagi sejak dibuka menjadi penerbangan komersial,” ujarnya.

Baca juga : Direvitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Sementara

Alvin berharap, perbaikan tersebut dapat meningkatkan kualitas yang lebih representatif dan siap menyambut berbagai penghelatan nasional, maupun internasional di Indonesia.

Progres Revitalisasi

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsma TNI Nandang Sukarna menjelaskan, revitalisasi di Bandara Halim Perdanakusuma telah dimulai. Revitalisasi mencakup antara lain sisi udara, yakni runway dan taxiway.

Baca juga : Kuasai Dana Orang Lain Yang Bukan Haknya, Indah Harini Bisa Kena 3 Pasal

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebelumnya telah menyampaikan pekerjaan yang dilakukan, sejalan dengan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma.

Di antaranya, penyehatan runway dan taxiway, peningkatan kapasitas apron pesawat Naratetama dan Naratama, renovasi gedung Naratetama dan Naratama, renovasi bangungan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandara, dan penataan fasilitas lainnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense