BREAKING NEWS
 

Right Issue Direstui DPR, BTN Sukseskan Program Sejuta Rumah Untuk MBR

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : SRI NURGANINGSIH
Selasa, 5 Juli 2022 09:58 WIB
Rapat Kerja Komisi VI DPR. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Kerja Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akhirnya menyetujui usulan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), terkait Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2023, serta inisiatif tambahan modal sejumlah perusahaan pelat merah melalui aksi korporasi rights issue tahun 2022.

Salah satunya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, BUMN yang mengantongi restu PMN tahun anggaran 2022 dengan nilai tambahan modal mencapai Rp 2,98 triliun.

“BUMN selalu berada di garda terdepan dalam menjalankan agenda pembangunan nasional yang dicanangkan pemerintah. Kami mendukung dan menyetujui seluruh usulan PMN yang diajukan Kementerian BUMN,” ujar Evita Nursyanti dari Fraksi PDIP, Senin (4/7).

Baca juga : Starbucks Indonesia Investasi Dana Hibah Untuk Program Kewirausahaan

Selain PDIP, seluruh fraksi juga menyatakan dukungan atas usulan pemerintah ini.

Setelah mengantongi restu dari Komisi VI, langkah selanjutnya adalah menunggu lampu hijau dari Kementerian Keuangan.

Mengacu ke pagu PMN yang diterima BTN senilai Rp 2,98 triliun, maka nilai penerbitan saham baru, atau rights issue diperkirakan mencapai Rp 4,6 triliun.

Baca juga : Jasa Marga Tutup Sementara Ruas Jalan Layang MBZ

Jumlah tersebut untuk mempertahankan porsi kepemilikan pemerintah di BTN sebesar 60 persen. Sisanya berasal dari investor publik dengan proporsi 40 persen.

Ekonom dari Center of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah menilai keputusan PMN untuk BTN merupakan langkah tepat dan bernilai strategis. Yang diuntungkan bukan hanya BBTN dalam bentuk penguatan modal dan kapasitas pembiayaan lebih besar.

“Yang paling banyak menikmati manfaat dari tambahan modal adalah segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” ujar Piter.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense