BREAKING NEWS
 

Realisasi Investasi Capai Rp 302 T

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : FAZRY
Kamis, 21 Juli 2022 08:30 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia da­lam Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan II- 2022 di kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Realisasi investasi sepanjang periode April-Juni atau triwulan II-2022 mencapai Rp 302,2 triliun. Capaian tersebut meningkat 7,0 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021.

Secara kumulatif, realisasi investasi sepanjang Januari-Juni atau semester I-2022 mencapai Rp 584,6 triliun, atau meningkat 32,0 persen dibanding dengan periode yang sama tahun 2021.

Pencapaian ini disampaikan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia da­lam Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan II- 2022 di kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta, kemarin.

Baca juga : KAI Terbitkan Obligasi Dan Sukuk Senilai Rp 3 Triliun

“Capaian ini menandakan pulihnya perekonomian dan in­vestasi sejak pandemi Covid-19 melanda dua tahun yang lalu,” kata Bahlil dalam jumpa pers yang digelar virtual, kemarin.

Sejak pandemi, terang dia, para pelaku usaha telah melaku­kan penyesuaian, baik berupa penundaan maupun penghentian produksi sementara waktu.

Namun di saat bersamaan, Pe­merintah juga melakukan berba­gai upaya untuk membantu para pelaku usaha agar tetap bertahan, dan hasilnya dirasakan saat ini.

Baca juga : Berkali-kali Ujian Demi Dapat Uang

Mantan Ketua Umum Him­punan Pengusaha Muda Indo­nesia (Hipmi) itu menerangkan, peningkatan angka realisasi investasi pada triwulan II-2022 sebesar 7 persen ini, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Yang diprediksi se­jumlah pengamat ekonomi akan lebih dari 5 persen, melampaui triwulan I-2022.

“Kondisi ini tidak terlepas dari dukungan kebijakan Pemerintah dalam pemberian vaksin booster kepada masyarakat. Termasuk melonggarkan mobilitas dan ak­tivitas masyarakat,” jelas Bahlil.

Menurutnya, persebaran realisasi investasi di luar Pulau Jawa pada triwulan IIkembali lebih unggul dari Pulau Jawa.

Baca juga : Naik 57%, Kontrak Baru Wika Capai Rp 12,45 Triliun

Kontribusinya sebesar Rp 157,1 triliun atau 52 persen dari total investasi. Capaian ini meningkat 38 persen dari periode yang sama di tahun 2021.

Adsense

Investasi di luar Pulau Jawa, menurut Bahlil, mendapat kon­tribusi yang besar dari Sulawesi Tengah di peringkat ketiga, dan Riau di peringkat kelima.

Selain dua daerah tersebut, posisi lima besar diduduki oleh Provinsi Jawa Barat (peringkat pertama), DKI Jakarta (peringkat kedua) dan Jawa Timur (peringkat keempat), yang masih memberi­kan kontribusi besar dalam realisasi investasi di triwulan ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense