Dewan Pers

Dark/Light Mode

Naik 57%, Kontrak Baru Wika Capai Rp 12,45 Triliun

Jumat, 8 Juli 2022 22:58 WIB
Naik 57%, Kontrak Baru Wika Capai Rp 12,45 Triliun

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Wikaya  Karya (Persero) Tbk berhasil membukukan laba kotor sebesar Rp 358,12 miliar pada Kuartal I 2021 atau meningkat sebesar 33,40% dibandingkan periode tahun lalu. Peningkatan ini didukung oleh penjualan perseroan sebesar Rp 3,16 triliun.

Dengan demikian, perseroan berhasil membukukan margin laba kotor sebesar 11,32%, meningkat dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun sebelumnya yaitu sebesar 6,84%. Kontribusi laba kotor yang diperoleh disumbang dari segmen Infra dan Gedung, diikuti oleh segmen Industri, Energy dan Industrial Plant, Investasi dan Realty dan Property.

Direktur Utama Wika, Agung Budi Waskito menyampaikan, bahwa hasil ini dicapai berkat strategi korporasi dalam melakukan efisiensi biaya operasi. Selain itu, saat ini kondisi keuangan perseroan berada pada kondisi baik ditunjukkan dari Kas setara kas saat ini sebesar Rp 4,34 Triliun.

Berita Terkait : PPATK: Perputaran Uang ACT Capai Rp 1 T Per Tahun

“Tahun ini kami masih menghadapi tantangan dimana perseroan masih menghadapi beberapa pemberi kerja yang memiliki kesulitan likuiditas sehingga collection period masih belum seperti yang diharapkan,” ujar Agung melalui keterangannya, Jumat (8/7)

BUMN Konstruksi ini membuktikan hingga Mei 2022 berhasil mencatatkan perolehan Kontrak Baru sebesar Rp 12,45 Triliun atau meningkat sebesar 57,54% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Salah satu perolehan kontrak baru perseroan datang dari Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali dan Preservasi Jalan dan Jembatan Bali sebagai infrastruktur penunjang perhelatan internasional G20 pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Berita Terkait : Good News, 3 Tahun Terakhir, Kontribusi BUMN Tembus Rp 1.200 Triliun

Pekerjaan Terminal VVIP yang ditargetkan selesai pada Agustus 2022 dan akan menjadi wajah baru Indonesia di Bali, untuk menyambut para kepala negara, delegasi G20 dan tamu kenegaraan. Ruang lingkup Wika  pada proyek tersebut meliputi pekerjaan bangunan VVIP, bangunan pos jaga, bangunan ruang tunggu, bangunan GWT hingga pekerjaan lansekap.

Selain bandara, dukungan Wika terhadap kesiapan perhelatan G20 juga dibuktikan dengan pekerjaan Preservasi Jalan dan Jembatan Bali, yaitu meliputi ruas Simpang Pesanggaran – Nusa Dua, Jimbaran – Uluwatu dan Penataan Lansekap Bundaran, Pedestrian, dan Median Ruas Jalan Bandara Ngurah Rai.

Lingkup pekerjaan Wika meliputi beautifikasi taman dan jalan berupa pekerjaan lansekap, perapihan trotoar dan kelengkapan guiding block atau jalan pemandu bagi penyandang disabilitas, hingga pekerjaan pengaspalan dan penyiapan lahan parkir untuk area Garuda Wisnu Kencana.■