BREAKING NEWS
 

Kompak Tekan Inflasi

BI Ajak Kepala Daerah Gelar Operasi Pangan

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : FAZRY
Kamis, 11 Agustus 2022 06:30 WIB
Bank Indonesia bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan pemangku kepentingan lainnya menggelar kegiatan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP & TPID) terus berkomitmen menjaga terkendalinya inflasi nasional. Pengendalian inflasi pangan ini penting, karena kenaikan harga pangan berdampak luas dan menyangkut hajat hidup orang banyak.

Hal tersebut mengemuka dalam peluncuran Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (Gernas PIP) yang digelar secara hibrida di Malang, Jawa Timur, kemarin. Selain Gubernur BI Perry Warjiyo, acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Anggota Komisi XI DPR An­dreas Eddy Susetyo, serta stake­holders utama lainnya.

Baca juga : Kominfo Ajak Semua Lapisan Masyarakat Paham Literasi Digital

Perry mengajak seluruh pihak menggelorakan semangat dan berjuang bersama dalam mengendalikan inflasi, khususnya inflasi pangan. Apalagi saat ini Indonesia tengah dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti ketidakpastian ekonomi global dan risiko stagflasi.

Menurutnya, sinergi dan langkah bersama yang dapat ditempuh ditujukan untuk mengendalikan inflasi pangan pada 2022. Hal ini karena inflasi pangan memiliki bobot yang cukup besar dari komposisi pengeluaran masyarakat. Se­hingga pengendalian inflasi, akan memberikan dampak sosial yang besar untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Mendagri Apresiasi Kepala Daerah Atasi Masa Krisis

“Upaya sinergi antar daerah diperlukan untuk mencukupi kelangkaan pangan serta meningkatkan kapasitas produksi sebagai langkah antisipasi ge­jolak ketahanan pangan,” im­buhnya.

Perry mengatakan, salah satu upaya yang akan dilakukan untuk menekan inflasi pangan adalah dengan melakukan gerakan operasi pasar na­sional. Dengan begitu, harga bahan pokok makanan sehari-hari masyarakat seperti cabe, bawang, telur, daging, dan minyak bisa turun dan berada di harga yang stabil.

Baca juga : Yayasan Wakaf Al Muhajirien Jakapermai Gelar Operasi Katarak Gratis

Teranyar, pihaknya sedang melakukan koordinasi operasi pasar di pusat bersama Bupati/Wali Kota, agar bisa menggu­nakan anggaran daerahnya un­tuk melakukan operasi pasar. Salah satu daerah yang akan melakukan operasi pasar adalah Provinsi Jawa Timur.

Adsense

Perry juga menghimbau agar antar daerah bisa saling bekerja sama, agar proses operasi pasar bisa berjalan efisien. Sebab di pasar terdapat mata rantai, mulai dari petani, pengepul kecil hingga menengah dan besar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense