Dark/Light Mode

Rayakan Milad ke 37

Yayasan Wakaf Al Muhajirien Jakapermai Gelar Operasi Katarak Gratis

Selasa, 9 Agustus 2022 13:27 WIB
Operasi Katarak gratis di Rumah Sakit Juwita, Bekasi. (IST)
Operasi Katarak gratis di Rumah Sakit Juwita, Bekasi. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Waqaf Al Muhajirien Jakapermai (YW AMJP) sukses menggelar operasi katarak gratis bagi warga lanjut usia (lansia) di Rumah Sakit Juwita Bekasi, Minggu (07/8).

Operasi katarak gratis ini merupakan kegiatan rangkaian milad ke 37 tahun YW AMJP bekerjasama dengan Unit Penerimaan Zakat (UPZ) Masjid Jami Al Azhar, Rumah Sakit Juwita dan Klinik Optik Vio.

Adapun jumlah kuota pasien operasi katarak yang digelar sebanyak 200 orang. Setelah melalu proses screening pra operasi, lolos seleksi pasien sebanyak 65 orang untuk diambil tindakan operasi katarak.

Direktur UPZ Masjid Jami Al Azhar, Kunaevi Sanusi mengatakan, kegiatan operasi katarak ini merupakan program unggulan dan rutin YW AMJP setiap tahun, bertepatan dalam agenda milad yayasan.

Baca juga : Meriahkan Hari Anak Nasional, KlikDokter Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Di Serang

“UPZ memberikan donasi untuk membiayai operasi katarak gratis, yayasan memilih kegiatan disini, di Kota Bekasi, karena melihat jumlah data di Rumah Sakit Juwita terkait pasien katarak asal warga kita ternyata cukup banyak,” kata Kunaevi.

Selain itu, Ketua Pengurus YW AMJP Syafiudin menyampaikan, pada tahun sebelumnya, yayasan berkeliling mengunjungi sejumlah daerah untuk melakukan pendataan pasien penderita katarak.

“Setiap tahun kami gelar rutin bakti sosial operasi katarak, karena sejatinya fungsi dan peranan sosial yayasan waqaf harus didapat manfaatnya oleh umat sekitar,” kata Syafiudin.

Untuk diketahui, YW AMJP merupakan pengelola Sekolah Islam Al Azhar Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata Selain memberikan bantuan operasi katarak, rangkaian agenda milad 37 tahun YW AMJP juga menggelar sunatan masal bagi anak-anak yang membutuhkan, hingga pesta rakyat di Sekolah Al Azhar Grand Wisata 13 Agustus 2022.

Baca juga : Tahun Depan Formula E Jakarta Digelar Dua Hari

“Harapannya sederhana, dengan rangkaian agenda bermanfaat ini, yayasan bisa tumbuh kembang lebih sejahtera, makmur pekerjanya dan sehat warganya.” ujarnya.

Seorang pasien yang mendapatkan operasi katarak gratis, Hamdi (70), warga Kampung Pulo Gede, Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, menyampaikan kebahagiaannya.

Hamdi mengetahui informasi operasi katarak gratis tersebut melalui informasi di Masjd Jami Al Azhar sewaktu shalat jumat berjamaah.

“Awalnya saya mau pakai uang sendiri untuk berobat ke dokter, tapi ada info di masjid terkait hajat baksos dalam rangka milad yayasan, saya langsung daftar,” kata Hamdi.

Baca juga : Meriahkan HUT Ke-76 Bhayangkara, KBPP Polri Gelar Berbagai Kegiatan Di GBK

Hamdi yang bekerja sebagai supir online ini mengaku, mengidap katarak sudah lebih dari enam tahun.

“Mata saya dua-duanya katarak, dulu yang sebelah kiri ini sudah operasi dua tahun yang lalu, sekarang kanan semoga bisa melihat dengan normal lagi,” harap Hamdi.

Hamdi berterima kasih kepada para donatur di UPZ Masjid Jami Al Azhar yang meringankan bebannya untuk mengobati penyakit katarak. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.