BREAKING NEWS
 

Erick: Jangan Jadi Dinosaurus, BUMN Harus Bersinergi Dengan Ekosistem Startup

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Selasa, 23 Agustus 2022 15:46 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir di tengah peluncuran BUMN Startup Day 2022, Selasa (23/8). (Foto: Humas BUMN)

 Sebelumnya 
Untuk mengakselerasi ekosistem bisnis BUMN tersebut, Kementerian BUMN mendorong sinergi dan kolaborasi perusahaan BUMN dengan venture capital. Serta para perusahaan rintisan/startup Indonesia  melalui kegiatan BUMN Startup Day 2022.

“BUMN Startup Day (adalah) bagian dari kolaborasi, ketika ada dua universe bersatu. Kekuatan BUMN dengan private sector, memberi kesempatan kepada superhero baru. Anggap saja BUMN ini sebagai justice league, swasta sebagai avengers-nya. Biar lebih modern. Kalau bersatu kan sama. Kita menghadapi perubahan yang terjadi,” papar Erick.

BUMN Startup Day 2022 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan pada 27-28 September 2022.

Baca juga : Erick: BUMN Harus Sehat, Supaya Bisa Intervensi Pasar

Kegiatan ini terbagi ke dalam dua segmen besar, yakni edukasi dan peluang bisnis.

Di segmen edukasi, akan digelar diskusi panel dengan pembicara internasional dan mentoring, yang memberi kesempatan startup Indonesia berdiskusi secara intens, dengan pelaku startup yang sukses dan investor.

Sementara di segmen peluang bisnis, ada business matching, atau penjajakan kolaborasi B2B, yang mempertemukan BUMN dari berbagai sektor dan industri dengan startup untuk menjajaki kerja sama bisnis.

Baca juga : Rencana Kenaikan Cukai Tembakau Harus Pertimbangkan Kesejahteraan Petani

Serta investor pitching yang memberi kesempatan startup untuk menawarkan peluang investasi kepada venture capital di lingkungan BUMN.

Acara dua hari ini ditujukan bagi startup yang sudah masuk fase early and growth. Pada fase ini, startup membutuhkan dukungan yang tak hanya berupa investasi. Tetapi juga kemampuan manajerial, untuk menjaga momentum yang tercipta dari fase-fase pertumbuhan sebelumnya.

Karena itu, selain bahasan mengenai permodalan, pertumbuhan, juga akan dibahas mengenai manajemen talenta, penguatan fundamental perusahaan, hingga peran perempuan dalam lanskap startup di Indonesia.

Baca juga : Beringin Dan Banteng Ngaku Nggak Risih Tuh

Informasi mengenai acara ini tersedia di situs web www.bumnstartupday.com dan akun-akun media sosialnya.

“Acara ini juga terbuka buat komunitas dan teman-teman kampus. Silakan datang. Kita belajar bareng, agar makin banyak tumbuh technopreneur yang memperkuat ekonomi digital Indonesia,” ujar Fina Silmi Febriyani, selaku Ketua Tim Kerja BUMN Startup Day 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense