Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick Thohir Jadi Role Model, Gus Yaqut: Menteri Muda, Keren Dan Entrepreneur Sejati

Rabu, 22 Juni 2022 09:54 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan motivasi kepada mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Selasa (21/6)/Ist
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan motivasi kepada mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Selasa (21/6)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Perjalanan hidup dan karier Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan kesuksesannya yang dicapai pada usia muda, patut diikuti oleh generasi muda saat ini. 

Hal itu dikatakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut saat memberikan motivasi kepada ribuan mahasiswa di acara Seminar Indonesia Emas, bertajuk Membangun Optimisme Individu, Masyarakat dan Bangsa dalam Menyongsong Cita-cita Emas Indonesia Tahun 2045 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Selasa (21/6).

Gus Yaqut berharap, para mahasiswa di seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) bisa menjadi penerus atau pengganti Erick Thohir di masa depan.  

“Saya membayangkan para mahasiswa, anak-anak yang sekarang sedang belajar di PTKIN dan PTKIS ini menjadi Erick-Erick baru di Kampus Islam di masa yang akan datang. Mudah mudahan tidak lama lagi,” kata Gus Yaqut yang disambut tepuk tangan para mahasiswa di Gedung Anwar Musaddat UIN SGD Bandung.

Gus Yaqut berharap agar Menteri Erick bisa hadir bersama para generasi muda untuk memberikan motivasi dan kiat-kiat menjadi seorang entrepreneur sejati.

Baca juga : Bareng Erick Thohir, Mega Kunjungi Galeri Bung Karno Di Sarinah

Pasalnya, lanjut Gus Yaqut, Indonesia saat ini membutuhkan anak-anak muda cerdas, yang bisa memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa untuk menyambut Indonesia Emas 2024.

“Pak Erick Thohir, menteri muda dan keren. Seorang entrepreneur sejati,” ujarnya.

Harapannya, Erick Thohir dapat menyuntikkan semangat optimisme, dan bahkan membagikan trik bagaimana menjadi pemuda yang terus bisa mengabdi pada negara dan di saat yang sama mengembangkan usahanya.

Gus Yaqut yang juga Ketua Umum PP GP Ansor itu mengatakan, patokan kesuksesan seseorang itu dinilai dari sejauh mana penguasaan terhadap informasi. 

“Di masa lalu orang sukses itu dinilai sejauh mana mereka memiliki informasi, atau pengetahuan yang lebih. Tapi situasi sudah berbeda, sekarang informasi yang berlipat mudah diakses. Nah, yang diperlukan sekarang adalah kerangka berpikir untuk mengolah informasi yang berlimpah itu,” ucapnya.

Baca juga : Cetak Sejuta Wirausaha Baru, Menteri Teten Gandeng Aktivis

Oleh karena itu, Gus Yaqut berpesan agar para mahasiswa dan generasi muda dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan analisis yang tajam, agar tidak terpengaruh dengan informasi-informasi tidak benar alias hoaks. 

Dalam hal ini mahasiswa perlu memiliki alat yang tertanam di kepala masing-masing saat menerima, mencerna dan mengambil keputusan yang berbasis analisis tadi.

Contohnya, dalam melihat suatu kasus keagamaan yang diberitakan di media, perlu melihatnya dengan analisis. 

“Misalnya, ada yang tampak dipermukaan tidak serta merta kemudian kita telan, tapi kita dalami dulu sebagaimana tren dan polanya. Lalu bagaimana strukturnya hingga model yang melatarbelakanginya,” jelasnya.

Pada Seminar yang dihadiri mahasiswa dari PTKIN dan PTKIS di zona Jawa ini, Gus Yaqut mengingatkan agar semuanya tidak terlena dan fokus pada tujuan ke depan. 

Baca juga : Erick Thohir: Indonesia Harus Jadi Industri Halal Nomor Satu Dunia

Untuk itulah, seminar ini berupaya menyadarkan semua. Membangunkan mereka yang terlena. Berupaya mereorientasi peta jalan pencapaian Indonesia Emas.

"Khusus bagi mahasiswa PTKI, Anda harus mulai siuman, bangun dari keterlenaan berbagai fasilitas media, pertajam pisau analisis, dan pertegas orientasi atau cita-cita ke depan. Gantungkan idealisme untuk masa depan bangsa. Bangunlah mimpi-mimpi dan mulailah bergerak ke arah yang dituju dengan benar, terukur dan disertai ilmu,” paparnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.