BREAKING NEWS
 

Beberin Capaian Nyata Di Depan Mahasiswa

PT Pupuk, Pertamina, PLN Keroyokan Dukung EBT...

Reporter : IRMA YULIA
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Selasa, 14 Februari 2023 07:30 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) membeberkan langkah nyata dalam melakukan transformasi energi bersih. Ketiga perusahaan pelat merah itu berkomitmen akan terus merealisasikannya untuk mendukung target Pemerintah

Rakyat Merdeka bersama So­ciety Renewable Energy (SRE) menggelar National Energy, Cli­mate, and Sustainability Com­petition (NECSC) 2023 di Uni­versitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Minggu (12/2).

Dalam kompetisi yang meng­hadirkan 50 karya tulis terbaik ini, juga diselenggarakan Leader Talk, yaitu sesi pemaparan para pemimpin perusahaan terkemuka tentang rencana dan strateginya dalam menghasilkan energi yang ramah lingkungan.

Baca juga : Geledah Kantor Dinas PUPR Papua, KPK Amankan Dokumen Proyek Dan CCTV

Dalam sesi ini, Executive Vice President (EVP) Energy Transition and Sustainability PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Kamia Han­dayani mengatakan, pihaknya ikut berkontribusi pada efek rumah kaca.

“Kita sedang menghadapi krisis terbesar abad ini, yakni pemanasan global. Karena setiap daging yang kita konsumsi, menghadirkan karbon diok­sida. Setiap liter minyak, setiap KWH (Kilowatt hour) listrik menghasilkan gas rumah kaca. Aktivitas seluruh penduduk bumi berkontribusi,” papar Kamia saat menjadi pembicara di NECSC2023, di Depok, Minggu (12/2).

Meski demikian, ditegaskan­nya, perseroan terus bertrans­formasi menuju energi bersih dengan memanfaatkan sumber energi baru terbarukan. Serta berkomitmen mewujudkan tar­get Net Zero Emission (NZE) tahun 2060.

Baca juga : Natal Dan Tahun Baru Di Depan Mata, Pemerintah Gercep Tekan Inflasi

Pasalnya, pada kondisi busi­ness as usual, efek gas rumah kaca akan terus terjadi dan tidak akan ada perubahan.

Tetapi jika memakai ske­nario alternatif yang berfokus pada clean energy, lanjut Kamia, maka emisi aktif lebih dari 1 miliar ton diharapkan menjadi nol pada 2060.

Untuk mencapai NZE terse­but, ada sejumlah strategi yang disiapkan PLN. Baik itu strategi jangka pendek maupun strate­gi long term di atas 2030.

Baca juga : Unikarta Siapkan Mahasiswa Pertanian Dukung Ketahanan Pangan IKN

“Misalnya, shifting dari pem­bangkit listrik berbasis fuel ke pembangkit listrik, yang ber­basis sumber energi bersih dan rendah karbon,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense