Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Unikarta Siapkan Mahasiswa Pertanian Dukung Ketahanan Pangan IKN

Minggu, 11 September 2022 19:15 WIB
Dekan Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Sundari. (Foto: Istimewa)
Dekan Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Sundari. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dekan Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara (Faperta Unikarta), Sundari menyampaikan dukungan atas progres pemerintah pusat yang akan membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Kita sadari pada saat ini, pembangunan IKN sedang berlangsung, tentunya akan menambah populasi yang ada di Kalimantan Timur terutama di Kartanegara," kata Sundari kepada wartawan, Minggu (11/9).

Sebagai bentuk dukungan dan sambutan baik atas program pemerintah itu, Sundari mengatakan bahwa pihaknya sedang memproyeksikan praktek Bina Bakti Mahasiswa (BBM) yang saat ini difokuskan di Desa Jonggon, Kecamatan Loa Kulu , Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur.

Baca juga : Komunitas Anak Desa Pangkep Dukung Firli Bahuri Maju Pilpres 2024

Dengan program BBM tersebut, Sundari berharap para mahasiswa bisa langsung terjun ke lapangan untuk pengembangan sektor pertanian bersama warga.

"Sehingga Mahasiswa perlu terjun dan melihat langsung permasalahan di lapangan, khususnya di bidang pertanian, dan mendorong masyarakat yang mayoritas petani atau pekebun, untuk tangguh menjaga ketahanan pangan," ujarnya.

Selain itu, Sundari juga menyampaikan bahwa Kabupaten Kutai Kartanegara adalah kawasan penyangga Ibu Kota Negara Nusantara yang akan digarap oleh pemerintah nanti.

Baca juga : Menara Syariah PIK2 Dan Sedayu Watertown Dibangun Berdampingan

Maka, ia mendorong agar masyarakat memaksimalkan lahan untuk menopang kebutuhan pangan sebagai komoditas utama.

"Kukar merupakan penyangga IKN, sehingga sangat penting, bagaimana kesiapan masyarakat dalam meningkatkan ketersediaan pangan yang ada di wilayah IKN," tandasnya.

Dengan program BBM ini, diharapkan pula para Mahasiswa ke depan bisa ikut terlibat langsung dalam pengembangan ketahanan pangan di Kabupaten Kutai Kartanegara demi memenuhi kebutuhan IKN.

Baca juga : Hari Pelanggan Nasional, Garudafood Kenalkan Varian Baru Langsung Ke Pelanggan

"Tentunya, nanti harapan kita dengan mahasiswa Fakultas Pertanian bisa mendukung program ketahanan pangan, sehingga perlu inovasi baru untuk pembangunan sektor pertanian," ucapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.