Dark/Light Mode

Gencarkan Inovasi Dan Efisiensi

Pertamina Klaim Hemat Anggaran Hingga Rp 32 T

Rabu, 22 Juni 2022 09:59 WIB
Gedung Pertamina. (Foto: dok. Pertamina)
Gedung Pertamina. (Foto: dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) terus melakukan serangkaian inovasi dan terobosan untuk mengoptimalkan biaya. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi agar BUMN dapat meningkatkan efisiensi.

Karena penghematan merupakan cara terbaik untuk dapat mengubah tantangan menjadi prestasi. Semangat ini bisa mewakili torehan efisiensi atau penghematan biaya operasional Pertamina di tahun kedua pandemi Covid-19. Bukan angka receh, melainkan pundi-pundi sebesar US$ 2,2 miliar atau setara dengan Rp 32 triliun.

Baca juga : Ini Kata Kemenkeu, Soal Anggaran Pemilu 2024 Yang Kurang Rp 5,6 Triliun

Sebuah capaian fantastis, di saat industri nasional baru mulai menggeliat setelah hampir takluk oleh sebaran virus yang mematikan.

Triliunan efisiensi tersebut diperoleh dari program penghematan biaya (Cost Saving) sebesar Rp 20 triliun, penghindaran biaya (Cost Avoidance) sebesar Rp 5 triliun serta tambahan pendapatan (Revenue Growth) sekitar Rp 7 triliun.

Baca juga : Indonesia Peringkat 1 Transparansi Anggaran Di Asia Tenggara

Bagaimana perusahaan plat merah ini mampu mengukir tinta emas penghematan biaya di tahun 2021? Tentu bukan pekerjaan mudah.

Berbagai inovasi, terobosan dan cara tak biasa ditempuhkan untuk mensiasati beratnya tantangan bisnis di tengah lonjakkan harga minyak mentah dunia akibat disrupsi rantai pasok dan kondisi pandemi yang masih berlangsung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.