BREAKING NEWS
 

Vaksin Moderna Bikin Rupiah Joss Pagi Ini

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Selasa, 19 Mei 2020 10:14 WIB
Ilustrasi mata uang rupiah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar ditemukannya vaksin Covid-19 oleh Moderna di Amerika Serikat (AS) membawa sentimen positif bagi nilai tukar rupiah dan sejumlah mata uang Asia lain.

Pagi ini, Selasa (19/5) mata uang uang Garuda langsung dibuka perkasa di level Rp 14.800 per Dolar AS, menguat 0,37 persen dibanding penutupan kemarin. Kemarin rupiah ditutup menguat tipis 0,07 persen di level Rp 14.820 per dolar AS di pasar spot.

Rupiah menjadi juara dua terbaik di Asia pada penutupan setelah Baht Thailand yang menguat 0,12 persen. Di kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) juga menguat bahkan hingga 24 poin atau 0,16 perseb di level Rp 14.885 per dolar AS.

Baca juga : Petronas Pilih Razali, Rossi Gigit Jari

Bersama dengan rupiah, sejumlah mata uang Asia lainnya juga menguat. Won Korsel menjadi yang paling kuat sekitar 0,70 persen disusul Ringgit Malaysia 0,52 persen.

Adsense

Sementara Yen Jepang justru terpuruk dengan mengalami pelemahan 0,07 persen, bersama dolar Singapura melemah 0,01 persen.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi pergerakan nilai tukar rupiah sepanjang Selasa ini bisa perkasa melawan Dolar AS.

Baca juga : Melemah 1,4 Persen, Rupiah Loyo Lagi

Kenaikan rupiah ini mengikuti sentimen positif di pasar keuangan global yang menyambut positif laporan kemajuan penemuan vaksin Covid-19 oleh perusahaan Biotekhnologi AS, Moderna semalam.

Sentimen positif lainnya, pasar tengah optimistis hasil rapat Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) siang ini. Ia memperkirakan BI masih pertahankan suku bunga acuannya, mengikuti The Fed dan bank sentral lainnya.

"BI mungkin menggunakan kebijakan lain untuk melakukan stimulus. Sikap optimis BI akan membantu penguatan Rupiah," sebut Ariston dalam riset hariannya, Selasa (19/5). Ia pun melihat, potensi kisaran rupiah hari ini Rp 14.750-Rp 15.000 per dolar AS. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense