Dark/Light Mode

Melemah 1,4 Persen, Rupiah Loyo Lagi

Senin, 4 Mei 2020 17:43 WIB
Nilai tukar rupiah. (Foto: ist)
Nilai tukar rupiah. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rupiah pada perdagangan hari ini ditutup melemah Rp 15.100 per dolar AS. Angka itu melemah 1,44 persen dibanding Kamis (30/4) yang ditutup menguat di level Rp 14.882 per dolar AS.

Pada penutupan perdagangan siang hari ini, rupiah juga sempat melemah 1,59 persen ke level Rp 15.060 persen. Pelemahan rupiah kali ini justru menjadi yang terlemah di kawasan Asia.

Baca juga : Pagi Ini Perkasa, Mudah-mudahan Rupiah Bisa Hattrick

Loyonya rupiah juga diikuti oleh rupee India sebesar melemah 0,83 persen, won Korea Selatan 0,66 persen, dolar Taiwan 0,32 persen, ringgit Malaysia 0,27 persen dan dolar Singapura 0,08 persen. Hanya yen Jepang dan baht Thailand yang menunjukkan penguatan, masing-masing di angka 0,18 persen dan 0,09 persen.

Melemahnya sejumlah mata uang Asia ini masih datang dari sentimen negatif Presiden AS Donald Trump yang mengancam akan mengenakan tarif baru ke China, sebagai konsekuensi penyebaran virus Covid-19 ke seluruh dunia. 

Baca juga : Rajin Pakai Masker

Rupiah diramal masih akan terus terjadi, mengingat pada minggu lalu rupiah berhasil menguat. Sentimen positif dari dalam negeri terkait penanganan Covid-19 diharapkan bisa mempengaruhi pergerakan rupiah. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.