Dark/Light Mode

Vaksin Covid-19 Dulu, Olimpiade Tokyo Kemudian

Minggu, 19 April 2020 05:17 WIB
Ajang Olimpiade Tokyo kemungkinan akan ditunda lagi jika vaksin Covid-19 belum ditemukan. (Foto : Istimewa)
Ajang Olimpiade Tokyo kemungkinan akan ditunda lagi jika vaksin Covid-19 belum ditemukan. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komite Olimpiade Internasional (IOC) sudah memutuskan Olimpiade 2020 akan digelar pada Juli 2021. Namun event itu mustahil digelar jika belum ditemukan vaksin Covid-19

Adalah pakar kesehatan dari University of Edinburgh, Skotlandia, Devi Sridhar yang mengatakan pengembangan vaksin menjadi kunci penting dalam penyelenggaraan Olimpiade Tokyo yang dijadwalkan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 dan Paralimpiade setelah itu.

Baca juga : Putus Rantai Covid-19, Menpora Minta Pemuda Taati PSBB

"Apabila kita bisa menemukan vaksinnya hingga tahun depan maka saya kira Olimpiade menjadi realistis bisa digelar tahun depan," kata Sridhar dikutip dari BBC, Sabtu (18/4).

"Vaksin (virus corona) yang efektif, terjangkau, dan tersedia ini nantinya akan mengubah kondisi saat ini. Jika kita tidak dapat menemukan sebuah terobosan ilmiah, saya kira Olimpiade Tokyo tampak sangat tidak realistis" ujarnya lagi.

Baca juga : Selama Pandemi Covid-19, PSSI Kirim Laporan Kegiatan ke AFC

Ketua Penyelenggara Olimliade Tokyo 2020, Toshiro Muto juga meragukan  pesta olah raga terakbar di dunia itu dapat terlaksana sesuai jadwal.

Pasalnya, hingga kini pendemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Sementara vaksin yang dibutuhkan atlet juga masih dalam pengkajian.

Baca juga : Dampak Covid-19, Seri Pembuka FI di Prancis Gagal Maning

"Saya tidak berpikir ada orang yang bisa mengatakan apakah situasi akan terkendali pada Juli tahun depan. Namun dengan usaha. Kami masih meyakini momentum itu akan datang," kata Muto.

Sementara itu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) bersama penyelenggara Tokyo 2020 juga terus mengadakan pertemuan membahas nasib penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade tahun. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.