BREAKING NEWS
 

OJK : Penting Bagi Milenial Jaga Kondisi Keuangan Saat Pandemi

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Senin, 7 September 2020 19:38 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Di masa pandemi seperti Covid-19 saat ini, mengatur keuangan juga penting bagi kaum milenial. Untuk itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberi sedikit wejangan, tips dalam mengelola keuangan agar kondisi finansial kaum milenial tetap aman.

Anggota Dewan Komisioner OJK Tirta Segara menuturkan, kebiasaan menabung, menjadi salah satu langkah baik dalam menjaga keuangan di masa krisis seperti saat ini. “Kebiasaan menabung itu baik harus dibiasakan. Jika dijaga terus menerus ini akan menjadi habit, jadi budaya hemat, tidak boros, berguna di masa seperti saat ini," imbuhnya dalam webinar Indonesia Millenials Financial Summit di Jakarta, Senin (7/9).

Baca juga : Basarah: Pancasila dan Bismillah Konstruksi Alam Pikir dan Spiritualitas Puan

Tirta mengatakan, milenial termasuk mahasiswa yang keuangannya masih didukung orangtua, diimbau untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk menabung atau investasi. Menabung dalam bentuk uang bersifat likuid atau mudah dicairkan namun imbal hasilnya rendah.

Tak hanya dalam bentuk uang, menabung juga bisa dalam bentuk emas yang juga likuid atau bisa dijual setiap saat dan dalam jangka panjang, lanjut dia, tren harganya selalu naik. Harga emas per 7 September 2020 per gram sudah mencapai Rp 1.020.000.

Baca juga : Waskita Karya Pede Kinerja Bakal Membaik Di Tengah Pandemi Covid-19

"Dalam jangka panjang, kata dia, juga ada pilihan saham dan reksa dana namun reksa dana saat ini sedang naik turun alias fluktuatif," katanya.

Adsense

Selain itu ada juga tabungan jangka panjang yang digunakan untuk uang muka membeli rumah yang kini juga banyak ditawarkan perbankan. Jika ada penghasilan itu harus dipotong untuk ditabung dulu baru sisanya dibelanjakan. "Banyak orang salah, nabung kalau ada sisa lebih, tapi kenyataannya uang sudah habis duluan,” cetusnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense