BREAKING NEWS
 

Kerek Usaha Di Tengah Pandemi, Sandi Dorong UMKM Saling Berkolaborasi

Reporter : KHOIRUL UMAM
Editor : ADITYA NUGROHO
Selasa, 13 Oktober 2020 11:50 WIB
Sandiaga Uno. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno mengatakan, era disrupsi akibat pandemi Corona harus dimanfaatkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk berkolaborasi satu sama lain.

Jika program ini terealisasi, bukan hanya omzet yang meningkat, tapi juga membuka lapangan kerja untuk orang lain. Apalagi lintas provinsi, ujar Sandi, bisa menarik reseller dan dropshipper. 

Baca juga : Kekerasan Dan Intimidasi Terhadap Wartawan Mencoreng Demokrasi

"Era lalu kita fokus pada kompetisi. Sekarang kita bergerak ke kolaborasi. Jadi kalau kita punya produk jangan capek-capek deh masarin sendiri," kata Sandi dalam acara peluncuran program Kadin Jawa Tengah, 'Tangkap Peluang' Lintas Provinsi, Lintas Pulau, Senin (12/10).

Adsense

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengaku, di era disrupsi memang harus pintar-pintar melihat peluang kemudian dieksekusi. Sandi bercerita saat meniti usaha dia lebih memilih untuk mengeksekusi. Namun, di era pandemi ini eksekusi menjadi nomor dua. 

Baca juga : Kemenkumham Ubah Layanan Publik Ke Arah Digital

"Sekarang terbalik itu ada disrupsi yang masif sekali akhirnya kita dipaksa untuk fokus di hasil, hasil, dan hasil. Yang penting jalan dulu, hal baik akan datang pada orang yang terus bergerak,” ucapnya.

Selain itu, Sandi mengingatkan, proses terus bergerak dan berubah di tengah wabah ini. “Karena ini masih landscape-nya masih terus berubah. Protokol kesehatannya berubah, vaksin belum ada, terus kita lihat juga pasar sekarang ini dari tadinya fokus di produk-produk kesehatan sekarang bergerak menuju produk-produk preventif,” ungkapnya.

Baca juga : Terbukti Bisa Tumbuh Dan Berumbi, Kementan Dorong Pengembangan Bawang Bombai Di Dalam Negeri

Sandi meminta, para pelaku usaha untuk terus melakukan inovasi dan membuat hal-hal baru. Terutama untuk beradaptasi dengan situasi normal baru akibat pandemi. “Saya melihat memang ini adaptasi kita para entrepreneur, wirausaha-wirausaha harus terus berinovasi berani mengambil resiko dan bersikap pro aktif,” sarannya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense