BREAKING NEWS
 

Diskusi IBCSD dan Capital Coalition, Manusia dan Alam Sebagai Kunci Transformasi Sistem Pangan

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Minggu, 21 Maret 2021 10:50 WIB
Dskusi yang digelar Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) dan Capitals Coalition pada 16-18 Maret 2021. (Foto: Zoom)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Presiden Direktur PT East West Seed Indonesia (Cap Panah Merah), Glenn Pardede mengatakan, kunci sukses bisnis pertanian adalah memastikan petani kecil mendapatkan keuntungan dan mata pencaharian yang lebih baik.

"Melalui pemeliharaan ekosistem yang sehat dan mata pencaharian yang lebih baik bagi masyarakat, keuntungan dengan sendirinya akan diperoleh perusahaan," tuturnya.

Hal ini berkaitan dengan data dari TEEB yang memperkirakan bahwa 75 persen masyarakat pedesaan di Indonesia mengandalkan pendapatan mereka dari hasil bumi ataupun jasa yang dihasilkan oleh ekosistem sekitarnya.

Baca juga : Mahfud MD Ajak Amalkan Agama Secara Adil Dan Seimbang

Oleh karena itu, degradasi ekosistem tidak hanya akan berdampak buruk pada bisnis terkait, namun kemungkinan akan mengancam kekayaan masa depan di Indonesia.

Dalam diskusi kedua bertajuk 'Tindakan bisnis berbasis modal alam, manusia dan sosial' itu, Konsultan Utama Pengelolaan Sumber Daya Lingkungan (ERM) Arryati Ramadhani, menjelaskan analisis dampak kegiatan usaha terhadap alam dan masyarakat perlu dilakukan sedini mungkin, holistik, dan berkesinambungan, tidak hanya pada tahap awal aktivitas.

Pada hari kedua diskusi yang dihadiri perwakilan bisnis dan pemerintah itu, Agung Baskoro, Corporate Responsibility and Sustainability Division Lead, Cargill Indonesia; serta Muhammad Saifulloh, Deputi Asisten bidang Pangan, Kementerian Koordinator Perekonomian; juga turut hadir sebagai panelis. 

Baca juga : Dukung UMKM, Bank Mandiri Andalkan Layanan Mandiri Pintar Dan Sistem Warung

Masih dalam rangka menggenjot transformasi sistem pangan dan pertanian ini, sebuah pelatihan gratis untuk penilaian dampak dan ketergantungan sektor bisnis terhadap alam dan manusia juga akan digelar mulai pada tanggal 2 Juni 2021 mendatang.

Dalam pelatihan tersebut akan dibahas contoh praktik dalam pengambilan keputusan bisnis berdasarkan penilaian dampak dan ketergantungan pada alam dan manusia.

Pendafaran untuk pelatihan gratis ini dapat dilihat pada laman website IBCSD atau di https://www.ibcsd.or.id/work-program/food-nature/teeb-agrifood/ dan https://capitalscoalition.org/project/teebagrifood-for-business/. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense