BREAKING NEWS
 

Digitalisasi Dukung Kelangsungan Usaha Mikro Milik Perempuan

Reporter & Editor :
FAZRY
Rabu, 18 Agustus 2021 15:50 WIB
Ilustrasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 membawa dampak ekonomi yang signifikan untuk usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk usaha mikro yang dimiliki oleh para perempuan.

Terbatasnya ruang gerak akibat implementasi berbagai kebijakan pembatasan sosial membuat kegiatan usaha tidak lagi efektif kalau hanya dijalankan secara offline.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Noor Halimah Anjani mengatakan, digitalisasi atau penggunaan internet dalam transaksi jual beli menjadi salah satu cara efektif agar pengusaha UMKM tetap dapat menjalankan usahanya. 

Baca juga : Angkasa Pura I Dukung Persiapan Dan Uji Coba Kereta Bandara YIA

Disebutkan, peluang pengembangan usaha secara digital dapat dilihat dari laporan Google, Temasek, dan Bain & Company (2020) yang menyatakan bahwa terdapat peningkatan konsumen digital sebanyak 37 persen akibat pandemi.

Sementara itu kata dia, perempuan juga merupakan pihak lebih terdampak pandemi daripada laki-laki karena pandemi menyebabkan bertambahnya waktu yang dihabiskan di rumah dan pemberlakuan kebijakan pembatasan sosial.

Akibatnya kata Halimah, waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan rumah tangga dan merawat anggota keluarga (unpaid care work) juga turut meningkat.

Baca juga : Pemerintah Catat Pengelolaan Sampah Baru Capai 55,96 Persen

Meningkatnya intensitas kegiatan domestik yang dikerjakan perempuan membuat waktu produktif mereka berkurang. Hal ini terjadi di tengah turunnya produktivitas usaha yang justru membutuhkan perhatian lebih.

"Oleh karena itu, pengusaha mikro perempuan seharusnya diberikan dukungan tambahan dan spesifik dalam menjaga keberlangsungan bisnisnya,” jelas Halimah .

Selain itu, perempuan pelaku usaha juga sering kali dikecualikan dari bantuan-bantuan sosial pemerintah karena data yang tidak terbaharui dengan baik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense