BREAKING NEWS
 

BNI Dan Buku Warung Kolaborasi Dorong Transaksi QRIS Untuk Merchant UMKM

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Sabtu, 11 September 2021 08:03 WIB
Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati (tengah), CEO Buku Warung Abhinay Peddisetty (kedua kanan) dan David Tannoto (kanan), Deputy Director Division Head of Payment System Innovation Bank Indonesia Ricky Satria (kedua kiri), dan Senior Executive Vice President Bisnis Digital BNI Rian Eriana Kaslan (kiri) menunjukkan Mock-up QR Code Buku Warung pasca penandatangan MoU (Nota Kesepahaman) Kemitraan Digital di Jakarta, Jumat (10/9). (Foto: Dok. BNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 memberikan ruang bagi seluruh pelaku ekonomi untuk terus beradaptasi dengan kebiasaan baru, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan sektor perbankan untuk berinovasi terutama untuk meningkatkan inklusi keuangan pada ekosistem digital.

Pada ekosistem digital, bank terus berinovasi dalam menyediakan layanan e-channel/ digital yang semakin mudah, nyaman, dan aman.

Baca juga : Bye Dolar AS, Transaksi RI-China Pakai Rupiah Dan Yuan

Peningkatan inklusi keuangan digital bagi UMKM terlihat dari perubahan proses bisnisnya, sistem penjualan tidak lagi bergantung pada channel fisik namun sudah beralih secara online baik melalui e-commerce, market place, dan social media, serta pengelolaan keuangan UMKM juga telah banyak menggunakan aplikasi yang sangat mudah  didapatkan melalui media smartphone . 

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk  atau BNI dalam menyokong perekonomian nasional, khususnya sektor UMKM dan ritel, BNI turut mengembangkan layanan keuangan berbasis digital yang dapat memberikan solusi bertransaksi bagi nasabah UMKM dan Ritel.

Baca juga : HNW Dukung Keadilan Anggaran Untuk Madrasah

Salah satunya yaitu pembayaran berbasis Quick Response Indonesian Standar (QRIS) dalam rangka mendukung Strategi Pengembangan Sistem Pembayaran 2025 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI).

Deputy Director Division Head of Payment System Innovation Bank Indonesia, Ricky Satria menyampaikan kolaborasi fintech dan bank semakin bertambah pesat di masa pandemi. BNI termasuk founding father nya dalam penemuan QRIS.

Baca juga : Lippo Cikarang Gelar Vaksinasi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

"Ke depannya kita akan kembangkan fitur-fitur QRIS agar lebih nyaman dalam bertransaksi.  QRIS, merupakan standarisasi pembayaran berbasis QR Code guna mendukung cashless payment yang aman, mudah dan nyaman bagi masyarakat dengan meminimalkan risiko pembayaran menggunakan uang tunai," ujar Ricky.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense