BREAKING NEWS
 

HR Path Siapkan Pendukung Fasilitas Kerja Jarak Jauh

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : FAQIH MUBAROK
Jumat, 29 Oktober 2021 16:07 WIB
HR Path, perusahaan konsultan human resources information system (HRIS). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 mengubah cara orang berkolaborasi di dunia kerja saat ini dan di masa depan. Masyarakat dihadapkan pada era kerja jarak jauh dan imbauan untuk saling menjaga jarak antar karyawan.

Kerja jarak jauh yang menjadi bagian dari keadaan new normal berpotensi menurunkan produktivitas karyawan. Cara kerja yang baru menjadi keharusan untuk menjaga produktivitas dan daya saing sehingga dapat mempertahankan serta meningkatkan keberlangsungan perusahaan.

HR Path, perusahaan konsultan human resources information system (HRIS) menyatakan, di banyak perusahaan kini banyak menerapkan platform digital dan resource planning sebagai respons terhadap budaya kerja jarak jauh. 

Banyak inisiatif dan permintaan akan solusi HRIS yang ditunjukkan dengan banyaknya tender terbuka dibandingkan masa sebelum pandemi.

Baca juga : Harapkan Keadilan, Haji Isam Minta Rehabilitasi Nama Baiknya

"Pandemi Covid-19 telah mengajarkan kita kebijaksanaan bahwa kita tidak bisa memprediksi lingkungan. Kami bangga membantu pelanggan kami dalam perjalanan transformasi digital mereka dengan memungkinkan mereka beradaptasi dengan perubahan dengan bantuan teknologi SDM mutakhir dan proses praktik kerja unggulan, untuk akhirnya membuat mereka lebih Tangguh," ujar Sebastien Corominas, Partner HR Path APAC dalam keterangan pers, dikutip Jumat (29/10).

HR Path yakin tren ini akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Survei yang dilakukan HR Path menunjukkan hampir semua perusahaan memberlakukan aturan baru bagi karyawannya, untuk bekerja di kantor hanya 2 atau 3 hari dalam sepekan.

Adsense

"Ini menjadi kenormalan baru yang bukan sekedar nama tapi memang cara kerjanya yang berubah," ujarnya.

Dengan latar belakang sebagai konsultan HR, HR Path melihat dari kacamata HR strategis, bukan sekedar HR operation. HR Path melakukan pendekatan konsultasi yang didukung dengan solusi SAP SuccessFactors sebagai software-as-a-service (SaaS).

Baca juga : GAPPRI: Simplikasi Cukai Ancam Industri Hasil Tembakau

Platform cloud SAP SuccessFactors membuat kolaborasi menjadi menarik karena dapat diakses dari mana saja kapan saja tanpa tergantung orang IT yang harus memaintain. Setiap orang bisa kerja dimana saja karena work-from-home membuat timezone berbeda-beda, tidak memungkinkan lagi orang kerja dengan single zone.

Secara organisasi menjadi lebih lean, tidak hirarki, dan metrik. SAP SuccessFactors sebagai solusi HR strategis memiliki modul dengan fungsi masing-masing, yakni Recruiting sebagai pendukung dalam rekrutmen, Onboarding 2.0 sebagai pendukung dalam kesiapan calon karyawan.

Lalu ada Learning sebagai bantuan pembelajaran product knowledge. Ada juga Performance & Goals sebagai pendukung dalam mengetahui KPI karyawan dan tugas-tugas mereka.

Sedangkan Compensation sebagai pendukung dalam perhitungan benefit tambahan. Succession sebagai pendukung dalam menentukan posisi yang tepat dalam sebuah organisasi, Development sebagai pendukung dalam merencanakan jenjang karir kedepannya, Employee Central sebagai pendukung Core HR, Employee Central Payroll sebagai pendukung dalam proses penggajian.

Baca juga : Jaga Pasokan Listrik Nasional, PLN Perkuat Kerja Sama Dengan TNI

Modul yang digunakan bisa berasal dari rekomendasi oleh konsultan HR Path atau berdasarkan permintaan perusahaan. Keunggulan lain dari HR Path adalah pengalaman dan jaringan yang tersebar di tak hanya di Asia Pasifik, tetapi juga di Amerika dan Eropa, yang terjalin selama berpuluh tahun.

Perusahaan Indonesia yang bermitra dengan HR Path akan memiliki wawasan human resources yang lebih luas. Mereka bisa mengetahui tren industri manajemen sumber daya manusia yang terjadi di luar negeri dan menerapkannya di Indonesia sebagai nilai tambah dari solusi yang diberikan oleh HR Path, menjadikannya lebih unggul dibanding pesaing. Ini juga memungkinkan perusahaan klien untuk memilih konsultan dari seluruh cabang HR Path yang ada di berbagai belahan dunia.[JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense