BREAKING NEWS
 

Brantas Abipraya Bangun Bendungan Pertama di Sulawesi Barat

Reporter & Editor :
TEAM ADV
Sabtu, 22 Mei 2021 20:21 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Brantas Abiraya (Persero) membangun bendungan pertama di Sulawesi Barat yaitu Bendungan Budong-Budong, tepatnya di Kabupaten Mamuju Tengah. 

“Kami optimistis dapat menyelesaikan proyek ini tepat waktu, targetnya rampung pada Desember 2023. Bendungan ini pun juga akan memenuhi kebutuhan ketahanan pangan dan air secara nasional,” ujar Miftakhul Anas, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Adsense

Baca juga : Berduka Atas Wafatnya Wagub Papua, Menpora Pastikan PON Tetap Jalan

Anas menambahkan, mulai dibangun konstruksinya pada Desember 2020, selain dapat menyokong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, bendungan ini juga nantinya diharapkan dapat meningkatkan nilai daya saing Sulawesi Barat lewat infrastruktur, memenuhi perataan pembangunan antar wilayah. 

Berlokasi tepatnya di Sungai Salule’bo yang merupakan anak sungai Budong-Budong, bendungan ini nantinya berpotensi memiliki manfaat air baku 0,41 m3/detik, mereduksi banjir 341,59 m3/detik dan dapat mengaliri air untuk irigasi seluas 3.577 Ha. Tak hanya itu bendungan pertama di Sulawesi ini juga dapat bermanfaat menjadi pembangkit listrik 0.60 megawatt.

Baca juga : Brantas Abipraya Gelar Halal Bihalal Secara Virtual

Bendungan yang bertipe urugan zonal ini memiliki inti tegak volume tampungan sebesar 65,18 juta m3 dan luas genangan sebesar 369,12 Ha sehingga diharapkan dapat mereduksi banjir di kecamatan Budong-Budong, Karossa dan kota Topoyo sebesar 60% di kawasan rawan bencana banjir. Keberadaannya bakal menambah deretan tempat pariwisata di Sulawesi Barat.

"Semoga kesemua proyek-proyek bendungan Abipraya, khususnya Bendungan Budong-Budong ini dapat tuntas tak hanya tepat waktu tapi juga tepat mutu, kualitas sesuai rencana dan manfaatnya dapat segera dirasakan masyarakat di Sulbar," tutup Anas. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense