BREAKING NEWS
 

Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Didorong Adaptif Dengan Inklusi Keuangan Digital

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Selasa, 16 November 2021 22:25 WIB
Webinar Creative Talks Pojok Literasi bertajuk Mendorong Inklusi Keuangan Masyarakat Lewat Pemanfaatan Potensi Pariwisata, dikutip Selasa (16/11). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Sementara Irwan Trinugroho dalam paparannya membahas tentang inklusi keuangan yang dapat menumbuhkan potensi pariwisata. Dari sisi supply, pelaku usaha sektor pariwisata butuh pendanaan dan untuk mendapatkan pendanaan mereka harus terinklusi ke sektor jasa keuangan.

Kemudian dari sisi demand, inklusi keuangan dapat menyediakan infrastruktur teknologi pembayaran digital yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi wisatawan untuk berbelanja.

Baca juga : Bank Sinarmas Syariah Genjot Inklusi Keuangan Di Mesjid Lewat QRIS

Irwan juga memberikan saran atau rekomendasi kebijakan untuk pemerintah dalam mendorong inklusi keuangan di sektor pariwisata.

Salah satunya adalah perlunya intervensi pemerintah untuk menurunkan biaya transaksi pembayaran digital bagi UMKM dan juga memperluas akses pendanaan yang berbiaya murah bagi UMKM yang berhubungan dengan sektor pariwisata.

Baca juga : Bamsoet Dorong Digitalisasi UMKM

"Di sini perlu intervensi pemerintah, karena kalau tidak mereka akan terjebak kepada pinjaman yang berbiaya mahal dan pada akhirnya tidak bisa menjadi leverage bagi usaha mereka," ucap Irwan.

Peran pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Perekonomian Maritim Kementerian Kominfo sebagai humas pemerintah yang memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat mengenai program-program pemerintah.

Baca juga : Mahfud Puji Semangat Juang Atlet Penyandang Disabilitas

Kemudian, Eko Slamet Riyanto menyatakan, pemerintah melihat potensi inklusi keuangan di masyarakat harus sangat didorong. Terutama, peningkatan potensi pariwisata, maka itu dibuatlah kegiatan hari ini.

"Diharapkan teman-teman yang hadir disini bisa mengamplifikasi kegiatan ini di sosial media masing-masing agar semua orang tahu manfaat kegiatan ini dan turut berpartisipasi dalam meningkatkan potensi pariwisata terutama juga dalam menggunakan inklusi keuangan," tutup Eko. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense