BREAKING NEWS
 

Sandi: Desa Wisata Bangkitkan Ekonomi Nasional

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Rabu, 8 Desember 2021 11:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Dok. Kemenparekraf)

RM.id  Rakyat Merdeka - Desa Wisata dapat mewujudkan pembangunan ekonomi berkelanjutan. Bahkan, Desa Wisata diyakinkan akan membangkitkan perekonomian nasional.

Menteri Pariwisata dan Eknomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan, ekonomi Desa Wisata adalah ekonomi yang berkelanjutan. Pasalnya, dengan bergeliatnya ekonomi Desa Wisata, akan berdampak pada perekonomian Indonesia. “Kita akan terus kembangkan Desa Wisata, karena ada peningkatan ekonomi sebanyak 20-30 persen dari Desa Wisata,” kata Sandi.

Baca juga : Serangan Omicron Ganggu Pemulihan Ekonomi Global

Sandi menegaskan, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bisa membantu Desa Wisata di Tanah Air untuk berjuang bangkit di tengah pandemi Covid-19. "Anugerah Desa Wisata diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk Desa Wisata di Indonesia agar bisa bangkit di era pandemi," kata Sandi.

Tujuan ADWI 2021 adalah agar dari 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program tersebut. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui Desa Wisata.

Adsense

Baca juga : Ganjar Harap Pramuka Bisa Dorong Inovasi Dan Bangkitkan Ekonomi

Pendaftar juga tidak hanya desa yang baru, melainkan Desa Wisata rintisan, berkembang, dan maju. Yang belum mendaftarkan desanya juga bisa mengikuti program ini. Kemenparekraf menargetkan, dengan ADWI 2021, setidaknya 1.831 desa masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia.

Program ini diharapkan bisa mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat. Pengembangan Desa Wisata di Indonesia dilakukan untuk menciptakan destinasi yang berkualitas, resilient, dan berkelanjutan. Desa wisata adalah kawasan dengan potensi dan keunikan daya tarik wisata khas, yakni merasakan pengalaman keunikan kehidupan dan tradisi masyarakat di pedesaan dengan segala potensinya.

Baca juga : Survei IPO: Di Bidang Ekonomi, Kinerja Kementerian BUMN Terbaik

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Desa Wisata ini penting. Dia mengapresiasi yang telah dilakukan Kemenparekraf. Sebab, langkah itu mendorong geliat pengembangan Desa Wisata untuk meningkatkan ekonomi nasional.

Pengaugerahan Desa Wisata Indonesia 2021 oleh Kemenparekraf dengan tema “Indonesia Bangkit” dilaksanakan di Ciputra Artpreneur Theater Kuningan, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (7/12). Acara yang dibawakan Raffi Ahmad dan Ayu Dewi tersebut juga menghadirkan artis papan atas, seperti Krisdayanti, Nasar, Aurel Hermansyah, Atta Halilintar, Beauz, Alffy Rev, dan Novia Bachmid
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense