BREAKING NEWS
 

Akhirnya, Kasus Penularan Lokal Omicron Ditemukan

Reporter & Editor :
ACHMAD ALI FUTHUHIN
Selasa, 28 Desember 2021 07:20 WIB
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi saat konferensi pers secara virtual, Selasa (28/12/2021). (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
Kemudian, hasil pemeriksaan WGS pada 26 Desember memastikan yang bersangkutan terinfeksi varian Omicron. Ia pun diisolasi di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Nadia menceritakan, awalnya yang bersangkutan menolak untuk dievakuasi ke RSPI Sulianti Saroso. Sempat terjadi perdebatan alot saat petugas Puskesmas setempat dan Dinkes DKI menjemput pasien tersebut. Proses evakuasi juga melibatkan aparat kepolisian dan juga TNI.

Baca juga : Bertambah 49, Kasus Omicron Di Malaysia Kini Tembus 62

Dinkes DKI menjelaskan dan memberikan pemahaman kepadanya bahwa langkah yang dilakukan adalah untuk melindungi seluruh masyarakat. Akhirnya, pasien tersebut bersedia dibawa ke RSPI Sulianti Saroso dan menjalani tes swab ulang sebagai syarat masuk ke fasilitas kesehatan. “Saat ini sudah cukup kooperatif,” ucap Nadia.

Menurutnya, Kemenkes ingin melakukan perawatan lebih maksimal pada temuan kasus pertama transmisi lokal Omicron di Indonesia, sambil mempelajari pola-pola klinis dari pada Omicron yang tertular dari transmisi lokal ini.

Baca juga : Bertambah 11, Kasus Omicron Di Indonesia Kini Jadi 19

Anak buah Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin ini menambahkan, Saat ini Kemenkes tengah melakukan tracing kepada sejumlah pihak yang berkontak dengan pasien.

“Mengenai jumlah yang di-tracing kasus Omicron lokal ini memang masih dalam proses, karena mengingat tadi yang bersangkutan kan banyak melakukan aktivitas, sehingga kita harus melihat 14 hari ke belakang,” tutupnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense