BREAKING NEWS
 

Demi Keadilan

Gratiskan Vaksin Booster Dong

Reporter & Editor :
ACHMAD ALI FUTHUHIN
Senin, 10 Januari 2022 07:15 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Foto: Dwi Pambudo/RM.id)

 Sebelumnya 
“Jika seperti itu, pemberian vaksin booster bukanlah langkah yang bijak, karena akan menempatkan mereka yang belum mendapatkan vaksin sama sekali semakin rentan terinfeksi,” tegasnya.

Firdaus juga menyoroti syarat vaksinasi booster yang hanya dibolehkan jika suatu wilayah sudah mencapai target 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua.

Adsense

Baca juga : Pekerja Rentan Kena Corona Kudu Dapat Vaksin Booster Gratis

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dari 544 kabupaten kota se-Indonesia, baru 244 daerah yang bisa melakukan vaksinasi booster. Artinya orang-orang yang tinggal di 270 kabupaten/kota lainnya tidak bisa dapat vaksin dosis ketiga ini.

“Daerah lain yang memiliki kerentanan yang tinggi karena cakupan vaksinasi yang rendah justru akan semakin rentan, ini jelas menunjukkan ketidakadilan akses terhadap vaksin,” tutur Firdaus.

Baca juga : Dimulai 12 Januari, Ini Kriteria Untuk Dapat Vaksinasi Booster

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, hanya ada 100 juta orang yang berasal dari masyarakat golongan bawah yang berhak mendapatkan vaksin booster secara gratis, sedangkan sisanya harus membayarnya.

“Rakyat kita kelas bawah tidak bayar atau gratis, kira-kira 100 juta orang. Yang lainnya bayar. Saya pasti bayar lah,” ujar Luhut.

Baca juga : Sembarangan Nyuntik Vaksin Covid, Guru Di AS Ditahan

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, harganya tak akan sampai Rp 300 ribu. “Paling mahal tak sampai segitu,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense