BREAKING NEWS
 

Kerja Sama BRIN Dan ANRI, Upaya Penyelamatan Arsip Ilmiah Nasional

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Kamis, 13 Januari 2022 18:46 WIB
Kepala ANRI Imam Gunarto dan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menandatangi nota kesepahaman kerja sama di bidang riset dan inovasi, Kamis (13/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Humas Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menjalin kerja sama bidang riset dan inovasi.

Kerja sama ini bertujuan untuk mewujudkan kepedulian dan partisipasi dalam memberikan sumbangan pada kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan kearsipan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Selain itu juga, untuk membangun kerangka kerja sama yang sinergis antara dua institusi dalam meningkatkan dan memanfaatkan potensi masing-masing pihak secara optimal di bidang kearsipan.

Baca juga : Kementan Pertegas Langkah Strategis Penguatan Kesehatan Hewan Nasional

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Kepala ANRI Imam Gunarto dan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Kamis (13/01).

Imam Gunarto mengapresiasi komitmen BRIN dalam meningkatkan kerja sama dan sinergitas antar lembaga dalam rangka penyelenggaraan kearsipan.

Adsense

"Saya mengapresiasi kepada BRIN dalam penyelenggaraan kearsipan mulai dari aspek pembangunan SDM, sistem kearsipan, kajian kebijakan, riset dan Inovasi, serta dapat memperkuat dunia kearsipan melalui proses riset dan inovasi sesuai dengan arahan bapak Presiden Jokowi yaitu menjadikan Indonesia sebagai rujukan dan referensi kearsipan dunia," ujar Imam.

Baca juga : Kominfo Genjot Pengembangan Smart City Dan Pembangunan Pusat Data Nasional

Dia menambahkan, komitmen yang diberikan BRIN ini merupakan upaya menyelamatkan arsip. "Kami mengapresiasi BRIN yang terus menunjukkan komitmen untuk menyelamatkan arsip yang memiliki nilai guna pertanggungjawaban nasional," pujinya.

Sementara Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menegaskan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen BRIN untuk terus menjaga keselamatan dan keamanan arsip negara, penyelamatan arsip ilmiah nasional, termasuk data primer ilmiah, serta manuskrip sejarah.

"Kami juga memiliki arsip yang berpotensi memiliki nilai guna pertanggungjawaban nasional. Kami juga berencana untuk menyerahkan arsip khususnya terkait riset," ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense