Dark/Light Mode

Polri dan Polisi Selandia Baru Kerja Sama Cegah Dan Berantas Kejahatan Transnasional

Senin, 6 Desember 2021 15:02 WIB
Polri dan kepolisian Selandia Baru menandatangani perjanjian kerja sama pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional, di Mabes Polri, Senin (6/12). (Foto: Divhumas Polri)
Polri dan kepolisian Selandia Baru menandatangani perjanjian kerja sama pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional, di Mabes Polri, Senin (6/12). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri dan kepolisian Selandia Baru menandatangani perjanjian kerja sama pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional. Sekaligus, peningkatan kapasitas.

Penandatanganan kerja sama institusi penegak hukum dua negara tersebut di gelar di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (6/12), yang dilaksanakan secara hybrid, yakni perpaduan offline dan online.

"Hari ini kita hadir dalam pertemuan penandatanganan kerja sama dalam pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional serta peningkatan kapasitas," kata Sigit mengawali sambutannya. 

Baca juga : RI Dan Jepang Perkuat Kerja Sama Kelautan Dan Perikanan

Kerja sama ini, kata Sigit, bergerak dari perkembangan lingkungan strategis (lingstra) yang terus berubah dengan cepat dan tidak menentu. Sehingga, berdampak terhadap stabilitas keamanan.

Diingatkannya, modus kejahatan pun terus berkembang dan kejahatan berdimensi baru muncul seiring dengan perkembangan teknologi. Dengan begitu, menurut mantan Kapolda Banten ini, kejahatan tersebut tidak lagi mengenal batas antar negara.

Karenanya, Sigit berpandangan, kerja sama antar negara dalam pencegahan dan pemberantasan kejahatan sangat diperlukan.

Baca juga : Dubes Muliaman Hadad Perkuat Kerja Sama Pertukaran Profesional Muda

"Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepolisian di kedua negara, utamanya dalam menangani terorisme, perdagangan narkoba, penyelundupan ilegal, kejahatan ekonomi dan pencucian uang, kejahatan siber, dan kejahatan transnasional lainnya," beber eks Kabareskrim Polri itu.

Dengan penandatanganan kerja sama ini, Sigit berharap, Polri dan kepolisian Selandia Baru akan semakin optimal dalam rangka menanggulangi segala bentuk kejahatan. Mengingat, hal ini bisa berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian.

"Tentunya kita semua berharap, hubungan antara Polri dan Kepolisian Selandia Baru semakin erat. Kolaborasi yang efektif akan meningkatkan stabilitas keamanan kedua negara sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat," tandas Sigit. 

Baca juga : Indonesia-Australia Selaraskan Kegiatan Penguatan Kesehatan Hewan Nasional

Kerja sama di bidang keamanan antara Polri dan kepolisian Selandia Baru telah lama terjalin, sejak tahun 2011. Di antaranya, 8 kelompok kerja bilateral atau Bilateral Working Group, 24 program peningkatan kapasitas dalam bentuk studi banding, beasiswa S2, dan kursus singkat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.