BREAKING NEWS
 

Usul Anggaran Kemendagri Tahun Depan Rp 4,171 T

Tito Minta Dukungan Dari Wakil Rakyat Nih

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Kamis, 22 September 2022 07:55 WIB
Mendagri Tito Karnavian (tengah) bersama Wamendagri John Wempi (kiri) dan Ketua DKPP Heddy Lugito (kanan) mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2022). (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengajukan usulan anggaran tahun 2023 sebesar Rp 4,171 triliun. Jumlah tersebut lebih besar dari anggaran yang sudah ditetapkan senilai Rp 2,981 triliun.

Menteri Dalam Negeri (mendagri) Tito Karnavian menjelaskan, usulan penambahan angka pagu anggaran mengikuti rencana dan arahan yang sudah disusun Kemendagri.

Pagu anggaran tahun 2023 yang sudah ditetapkan dinilai kurang mengakomodir arah kebijakan yang sudah disusun Kemendagri.

Baca juga : UMi Kerek Jutaan Usaha Wong Cilik Naik Kelas

“Kami mengusulkan tambahan alokasi pagu anggaran tahun 2023 dari total RP 2,981 triliun, masih terdapat kebutuhan anggaran prioritas yang belum terakomodir dengan total Rp 1,190 triliun,” ujar Tito dalam rapat kerja bareng Komisi II DPR di Jakarta, kemarin.

Kemendagri telah menyiapkan tujuh arah kebijakan. Semuanya bertujuan untuk menjaga stabilitas Pemerintahan.

Adapun tujuh arah kebijakan tersebut, pertama, memperkuat politik didalam negeri. Dengan memaksimalkan kualitas demokrasi di daerah, ketahanan sosial ekonomi dan budaya.

Baca juga : Tok! DPR Setujui Anggaran Kementerian BUMN Tahun Depan Rp 260 M

“Termasuk dukungan persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak pada tahun 2024,” tegas Tito.

Kedua, peningkatan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa melalui penguatan peran Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat GWPP.

Ketiga, pemantapan penyelenggaraan otonomi khusus (otsus) Papua dan Papua Barat. Serta penguatan kapasitas kelembagaan masyarakat desa.

Adsense

Baca juga : DPR Setujui Anggaran Kemendes PDTT Rp 2,99 Triliun

Keempat, peningkatan kualitas perencanaan dan penganggaran daerah. Hal tersebut dijalankan melalui penguatan kapasitas pengelolaan sistem informasi di Pemerintah Daerah dan optimalisasi pendapatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense