Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Renovasi Telan Rp 1,1 T

Jokowi: Tiket TMII Jangan Mahal-mahal, Agar Rakyat Bisa Tetap Nikmati

Selasa, 23 Agustus 2022 16:21 WIB
Presiden Jokowi meninjau perkembangan renovasi TMII, di Jakarta Timur, Selasa (23/8). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi meninjau perkembangan renovasi TMII, di Jakarta Timur, Selasa (23/8). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meninjau perkembangan renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di Jakarta Timur, Selasa (23/8). Presiden berharap, renovasi yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,1 triliun tersebut dapat menjadikan TMII sebagai tujuan wisata masyarakat untuk melihat keberagaman seni dan budaya yang dimiliki Indonesia.

“Kita harapkan, setelah direnovasi, Taman Mini Indonesia Indah ini menjadi tujuan wisata masyarakat dan juga turis mancanegara. Karena saya titip pesan juga, tarifnya jangan mahal-mahal, rakyat harus bisa tetap menikmati TMII ini,” ujar Jokowi, usai peninjauan, seperti dikutip setkab.go.id.

Baca juga : Jokowi Genjot Daya Saing Kalbar

Kepala Negara menjelaskan, sejak diresmikan pada 1975, TMII belum pernah dilakukan renovasi secara besar-besaran sehingga banyak bangunan dan juga anjungan-anjungan provinsi yang sudah rusak serta keropos. Untuk itu, Jokowi memerintahkan para kepala daerah turut serta merenovasi anjungan daerahnya masing-masing.

“Saya sudah perintahkan juga agar seluruh provinsi, kepada gubernur agar segera direhab dan direnovasi, agar semuanya kelihatan baru. Sebagian provinsi sudah mulai merenovasi dan membangunnya,” ujarnya.

Baca juga : Tiket Mahal, Pariwisata Sepi

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada pengelola TMII untuk secara rutin menggelar acara-acara yang berkaitan dengan seni budaya. “Baik setiap minggu maupun setiap bulan di setiap anjungan maupun di panggung-panggung terbuka yang ada. Jadi, ada calendar of event yang jelas sehingga menjadi sebuah tontonan yang baik untuk rakyat terutama untuk anak-anak kita,” ujarnya.

Presiden berharap, renovasi TMII yang telah mencapai 98 persen tersebut dapat diselesaikan pada akhir 2022. “Ini sudah 98 persen, sebentar lagi selesai langsung bisa dinikmati masyarakat kembali,” pungkasnya.

Baca juga : Bagikan BLT, Jokowi Harap Daya Beli Masyarakat Bisa Lebih Baik

Di tempat yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, renovasi TMII mengusung konsep alami sesuai dengan arahan yang disampaikan Jokowi. Beberapa anjungan daerah juga akan ditambah menjadi 37 provinsi sesuai dengan jumlah yang ada saat ini.

“Jadi kita kembalikan lebih ke alami konsepnya, Pak Presiden semua mau alami. Jembatan kita pasang, kita tutup dengan batu alam,” ujar Basuki.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.