Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kucurkan Pembiayaan Rp 183,9 T

UMi Kerek Jutaan Usaha Wong Cilik Naik Kelas

Kamis, 22 September 2022 07:30 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: @BRI).
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: @BRI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sinergi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di dalam Holding Ultra Mikro (UMi), berjalan mulus. Dalam satu tahun, mereka berhasil mengintegrasikan 23,5 juta nasabah dengan total outstanding pembiayaan mencapai Rp 183,9 triliun.

Pengamat Perbankan dari Universitas Bina Nusantara (Binus) Doddy Ariefianto mengapresiasi capaian ditorehkan Holding UMi. Menurutnya, sinergi ketiga entitas besar tersebut, telah membuktikan interlink digital yang kuat bagi pelaku usaha. Terutama di segmen Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) dan usaha ultra mikro nasional.

Apalagi, saat pandemi interlink digital di segmen tersebut sudah terkelola cukup baik. Pasalnya, di masa pandemi masyarakat cenderung bertransaksi secara digital (dalam jaringan). Dan mengurangi interaksi secara langsung dalam kegiatan ekonomi. Artinya, kendati tiga entitas ini menyasar masyarakat kelas bawah, namun mereka sudah mengemasnya dalam layanan digital.

Baca juga : Erdogan: Putin Lagi Cari Jalan Untuk Akhiri Konflik Ukraina

“Mereka telah memprediksi ekonomi digital akan lebih dominan,” ujar Doddy kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Lebih jauh, Doddy menilai, Holding UMi telah membuktikan diri sebagai mitra bagi usaha yang biasa dilakoni wong cilik itu. Mereka hadir dengan produk pembiayaan dan pemberdayaan yang murah.

Ia meyakini, kehadiran Holding UMi ke depan semakin memperkuat interlink ekonomi digital dengan produk pembiayaannya. “Terlebih BRI sudah cukup kuat dengan banyak cabang dan dibantu oleh Pegadaian dan PNM,” kata Doddy.

Baca juga : Ini Cara Jasa Raharja Dongkrak Pertumbuhan

Sementara dari tataran internal holding, setiap anggota akan mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki. Sehingga melalui integrasi tersebut, penguatan interlink digital pelaku usaha ultra mikro semakin maksimal.

Bahkan, ia melihat, permintaan secara nasional terkait interlink digital di segmen tersebut nantinya akan terpenuhi lebih baik.

“Karena digitalisasi ini mau tak mau harus menyentuh hingga pelaku usaha di tataran paling bawah. Karena akan lebih aman dan memberikan jasa layanan yang lebih efisien,” yakin Doddy.

Baca juga : Kuasa Usaha Malaysia Dan Sri Mulyani Berbalas Pantun

Sebelumnya, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, sejak dibentuk pertengahan September 2021, Holding UMi berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat inklusi keuangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.